Grebek di Lapas Tangerang, Belasan HP dan Sajam Ditemukan

Petugas Rutan Kelas I Tangerang Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang melakukan inspeksi mendadak dan menemukan belasan HP dan senjata tajam.
Ilustrasi - Kawat berduri mengelilingi tembok penjara. (Foto: Pixabay/ErikaWittlieb)

Tangerang - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tangerang Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke blok dan tempat kegiatan warga binaan pemasyarakatan, Kamis, 1 Oktober 2020.

Petugas menemukan benda-benda terlarang seperti palu, pisau, sendok, alat komunikasi, gunting kuku, pisa cukur, ikat pinggang, botol parfume, dan gelas kaca.

Sementara itu, seluruh barang bukti yang berhasil dikumpulkan langsung dimusnahkan di lapangan Rutan Kelas I Tangerang.

Kepala Rutan Kelas I Tangerang Fonika Affandi mengatakan, sidak dilakukan untuk memerangi dan memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan Rutan. Selain itu, kata dia, sebagai upaya menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungan Rutan Kelas I Tangerang.

"Kami temukan HP yang disembunyikan di kamar dan ada juga yang disembunyikan di tubuhnya. Kalau palu kami dapatkan di luar kamar yang disimpan di bawah toren air," ucap Fonika di Rutan Kelas I Tangerang Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Kamis, 1 Oktober 2020.

Menurut Fonika, para tahanan mendapatkan palu dan pisau dari unit bagian bimbingan kegiatan. Pasalnya, hanya di bagian bimbingan kegiatan mereka bisa menemukan benda-benda tersebut. 

"Dugaan dibawa dari bimbingan kegiatan yang memang menggunakan alat-alat seperti itu," ujarnya.

Fonika mengatakan, untuk masuknya alat komunikasi ke dalam Rutan, pihaknya akan terus menyelidikinya. Pihak Rutan telah melakukan penggeledahan terhadap pengunjung.

"Tidak menutup kemungkinan ada petugas yang terlibat atau ada pihak ketiga. Akan terus kami dalami. Sementara itu, seluruh barang bukti yang berhasil dikumpulkan langsung dimusnahkan di lapangan Rutan Kelas I Tangerang," ucapnya.[] 

Berita terkait
Ketahuan, Napi Gali Lubang Lapas Tangerang Sempat Beli Rokok
Narapidana asal Tiongkok, Cai Changpan alias Chai Ji Fan yang kabur dengan mengali lubang di Lapas Tangerang ternyata sempat membeli rokok.
Bandar Narkoba Gali Lubang Kabur dari Lapas Tangerang
Narapidana narkoba tervonis hukuman mati berhasil meloloskan diri dari lapas Kelas I Tangerang dengan menggali lubang.
Polda Metro Jaya Buru WN China Kabur dari Lapas Tangerang
Yusri Yunus menyebut pihaknya telah membentuk tim gabungan untuk mengejar narapidana asal China yang kabur dari Lapas Tangerang.
0
Kemendikbud: Pancasila Matpel Wajib SD - Perguruan Tinggi
Kemendikbudristek mengatakan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dengan penerapan yang mudah.