UNTUK INDONESIA
Polda Metro Jaya Buru WN China Kabur dari Lapas Tangerang
Yusri Yunus menyebut pihaknya telah membentuk tim gabungan untuk mengejar narapidana asal China yang kabur dari Lapas Tangerang.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut pihaknya telah membentuk tim gabungan untuk mengejar narapidana asal China yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Tangerang.

Napi tersebut diketahui bernama Chai Cangpan. Chai Changpan alias Cai Ji Fan merupakan Warga Negara Asing (WNA) yang menjadi terpidana mati akibat kasus narkoba.

Dimintai keterangan baik itu petugas Lapas itu sendiri dan napi yang satu sel dengan bersangkutan

"Tim sudah kita bentuk bersama-sama karena kami hari Jumat sore yang lalu menerima laporan tersebut dengan tim dari Lapas Tangerang, kemudian tim sudah bergerak. Kita bentuk tim bersama-sama untuk mengejar bersangkutan," ujar Yusri di Jakarta, Senin, 21 September 2020.

Kendati demikian, Yusri tak bisa mengatakan bagaimana teknis pengejaran yang dilakukan. Yang jelas, kata Yusri, tim tersebut telah dibentuk dari Polda Metro Jaya, Polres Tangerang, dan Dirlantas. "Untuk bekerja bersama-sama," ucapnya.

Kemudian, Yusri mengatakan kepolisian juga telah bekerja sama dan mengantongi izin dari pihak Lapas Tangerang. Hal itu menurutnya untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan di dalam Lapas tersebut.

"Ada beberapa yang telah kita lakukan untuk dimintai keterangan baik itu petugas Lapas itu sendiri dan napi yang satu sel dengan bersangkutan," kata Yusri.

Sementara, dari keterangan teman satu sel tahanan, diperoleh indikasi bahwa Chai Changpan telah mempersiapkan pelariannya selama lima atau enam bulan sebelumnya. Dimana dalam sel Lapas tersebut, sedang ada pembangunan dapur.

"Dengan menggunakan beberapa alat yang sudah kita sita. Alat itu didapat dari dekat penggalian itu ada dapur itu. Ini masih kita lakukan penyelidikan bersama-sama sesuai dengan izin dari kepala Lapas," kata dia.

"Kita bentuk tim untuk penyelidikan, apakah ada kemungkinan keterlibatan yang lain, nanti kita tunggu saja hasilnya seperti apa," ujar Yusri menambahkan.

Sebelumnya, Cai Changpan melarikan diri pada Senin dinihari, 14 September 2020, pukul 02.30 WIB. Dia merupakan pindahan dari Lapas Kelas II A Pemuda. 

Wakil Kepala Polres Metro Tangerang Ajun Komisaris Besar Yudhistira Midhyawan mengatakan terpidana mati kasus narkoba itu menggali lubang dari dalam kamarnya menembus tembok penjara di jalan Veteran Kota Tangerang itu. []

Berita terkait
DPR Cecar Bareskrim Dugaan Gedung Kejagung Sengaja Dibakar
Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Azis Syamsuddin meminta Bareskrim buka fakta terbakarnya gedung Kejaksaan Agung RI.
PT Asuransi Jiwa Kresna Diadukan ke Polda Metro Jaya
Sebanyak 15 korban melaporkan pemilik dan sekaligus pengurus PT Asuransi Jiwa Kresna ke Polda Metro Jaya.
Sanksi Rupiah Hantui Pelanggar Protokol Kesehatan di Tangerang
Pemerintah Kota Tangerang resmi menetapkan sanksi bagi warga yang melanggar protokol kesehatan. Sanksinya denda rupiah.
0
Fakta dan Identitas Maling yang Ditangkap Warga di Sleman
Warga menangkap maling di Sleman setelah diwarnai aksi kejar-kejaran. Berikut fakta dan identitas pelaku.