UNTUK INDONESIA
Google Siap Produksi Chipset untuk Perangkatnya
Google dikabarkan tengah mengembangkan chipset untuk perangkat ponsel pintarnya, yakni Google Pixel.
Ilustrasi - Logo Google. (Foto: Antara/REUTERS)

Jakarta - Raksasa teknologi dunia, Google, dikabarkan tengah mengembangkan chipset atau prosesor guna memperkuat ponsel pintarnya, yakni Google Pixel. Jika chipset ini diterima di pasaran, maka bukan tidak mungkin kehadiran Google di pasar prosesor dalam menyaingi Qualcomm.

Dilansir dari Axios, Jumat, 17 April 2020, chipset garapan Google tersebut akan mengawali debutnya pada awal 2021. Dalam pembuatannya, perusahaan mesin pencarian ini akan menggandeng Samsung dalam hal penyediaan dukungan desain dan manufaktur untuk proyek tersebut.

Menurutan laporan Axios, Chipset garapan Google ini akan diberi nama Google SoC, yang merupakan prosesor ARM delapan core dengan perangkat keras yang dioptimalkan untuk teknologi pembelajaran mesin Google serta kemampuan Google Assistant yang selalu aktif.

Selain menggandeng Samsung, Google juga dikabarkan telah mempekerjakan desainer chip dari Intel dan Qualcomm untuk pengembangan perangkat tersebut.

Chipset ini akan diproduksi di pabrik Samsung pada proses 5nm. Nantinya prosesor ini juga akan terus dikembangkan agar dapat digunakan pada Chromebook.[]

Berita terkait
5 Teratas Google Trend Saat Wabah Virus Corona
Banyak orang mencari informasi terkini tentang virus corona Covid-19 di mesin pencarian Google. Lima teratas Google Tren di Indonesia saat corona.
Chipset Kirin 820 5G vs Snapdragon 765G, Bagus Mana?
Chipset Kirin 820 5G dan Snapdragon 765G, mana yang lebih baik?
Samsung Diminta untuk Tidak Pakai Chipset Exynos
Beberapa waktu lalu muncul petisi di Change.org yang meminta Samsung untuk tidak menggunakan chipset Exynos pada ponsel flagship keluarannya.
0
Klaster Gowa Penyebaran Covid-19 Terbanyak di NTB
Penyebaran Covid-19. Klaster Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) teridentifikasi menjadi salah satu simpul penyebaran virus terbanyak di NTB