Google Meet Rilis Fitur Live Captions Dalam Bahasa Baru

Platform Google Meet merilis fitur live captions alias teks langsung yang mendukung berbagai bahasa baru bagi para penggunanya.
Logo Google Meet

Jakarta - Platform Google Meet yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google, merilis fitur live captions alias teks langsung yang mendukung berbagai bahasa baru bagi para penggunanya.

Laman AndroidPolice melaporkan, pada bulan lalu setelah memperoleh kemampuan untuk menerima beberapa permintaan bergabung sekaligus, dan kini fitur live captions Meet akan mendukung lebih banyak bahasa.

Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa sejumlah layanan Google down atau dilaporkan bermasalah, diantaranya Gmail, Google Maps, Google Drive, Play Store, bahkan Google Meet juga terkena imbasnya di mana tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Google Meet diketahui telah mendukung captions otomatis selama lebih dari setahun, di mana audio bisa diubah menjadi teks secara real time. Namun sayangnya, hal ini berlaku hanya ketika pembicara berbicara dalam bahasa Inggris.

"Kami memperluas teks langsung (live caption) di Google Meet ke penutur bahasa Perancis, Jerman, Portugis, dan Spanyol (Spanyol dan Amerika Latin)," kata pihak Google dalam postingan blog-nya, dikutip Tagar pada Rabu 16 Desember 2020.

Adanya aturan dari pemerintah bahwa kegiatan belajar dan bekerja dilakukan dari rumah semenjak pandemi Covid-19 berlangsung membuat peningkatan penggunaan pertemuan secara virtual dengan layanan Google Meet.

Lonjakan mendadak pertemuan secara virtual (online) akibat dari pandemi telah membuat Google berinvestasi besar-besaran termasuk Google Meet (sebelumnya Hangouts Meet).

Teks langsung alias live captions memungkinkan pengguna berkebutuhan khusus, yakni tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran, pengguna dengan bahasa utama yang berbeda, serta pengguna di lingkungan yang bising dapat ikut berpartisipasi lebih dalam rapat.

Pihak Google juga mengatakan fungsi tersebut akan mulai muncul di Meet hari ini, yang diharapkan peluncuran akan selesai dalam 15 hari ke depan.

Teks langsung nantinya akan tersedia di akun pribadi maupun akun Google Workspace. Kabarnya setelah bulan Maret 2021, rapat gratis akan dibatasi masing-masing hingga 60 menit. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
WhatsApp Rilis Fitur Baru, Perbanyak Wallpaper dan Stiker
Aplikasi pesan WhatsApp merilis baru yang mencangkup wallpaper, pencarian stiker, dan paket stiker animasi terbaru.
Aplikasi Zoom Raih Pendapatan Lebih dari Rp 10 Triliun
Selama kuartal ketiga tahun ini, perusahaan Zoom melaporkan pendapatan $ 777,2 juta atau lebih dari Rp 10 triliun.
Twitter Rilis Fitur Baru, Tweet Dapat Dibagikan ke Snapchat
Aplikasi jejaring sosial Twitter, merilis fitur baru yang dapat menyebarkan tweet jauh lebih luas ke berbagai platform Snapchat.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19