Twitter Rilis Fitur Baru, Tweet Dapat Dibagikan ke Snapchat

Aplikasi jejaring sosial Twitter, merilis fitur baru yang dapat menyebarkan tweet jauh lebih luas ke berbagai platform Snapchat.
Ilustrasi media sosial Twitter. (Foto: Unsplash)

Jakarta - Aplikasi jejaring sosial Twitter, merilis fitur baru yang dapat menyebarkan tweet jauh lebih luas ke berbagai platform media sosial lain. Saat ini, cuitan para pengguna aplikasi berlogo burung biru itu bisa dibagikan dan dibaca melalui Snapchat.

Laman The Verge melaporkan, fitur ini merupakan hasil kerja sama pihak Twitter dan Snapchat untuk penggabungan aktivitas baru yang praktis ke pengguna Apple. Ini adalah pertama kalinya tweet alias cuitan dapat dibagi secara visual untuk cerita, sambil tetap mengakses kamera.

Sebelum dirilisnya fitur ini, para pengguna biasanya mengambil tangkapan layar terlebih dulu sebelum akhirnya bisa membagikannya ke Snapchap. Namun mulai Kamis, 10 Desember, dukungan layanan ini sudah diberlakukan di iOS, menyusul di Android dalam waktu dekat.

SnapchatSnapchat. (Foto: Antara/istimewa)

Pengguna dapat berbagi tweet langsung dari aplikasi Twitter iOS untuk cerita Snapchat. Cara membagikannya pun cukup mudah. Twitter dan Snapchat berbagi rincian langkah demi langkah tentang cara menggunakan fitur baru ini.

Sebelum, membagikan tweet Anda ke Snapchat, terlebih dahulu membuka aplikasi Twitter. Bagikan tweet Anda dengan menekan tombol berbagi di tweet publik. Tidak didukung penggunaan tweet pribadi.

Ketuk ikon Snapchat pada pilihan. Aplikasi Snapchat akan langsung terbuka ke kamera dan tweet yang ingin Anda bagikan akan muncul di atas kamera sebagai stiker.

Kemudian Anda dapat membagikan snap kepada orang lain seperti biasanya. Orang akan bisa melihat tweet sebagai stiker dalam jepret Anda dan bisa mengusapnya ke atas hingga pergi ke Twitter.

Pengguna Snapchat dapat memanfaatkan keterikatan untuk melihat tweet dan balasan langsung di Twitter. Jepretan yang diambil jauh lebih baik daripada sekadar tangkapan layar tweet. Hal ini bagus sebagai format sumber yang dapat dengan mudah ditemukan.

Tidak hanya untuk Snapchat, tweet dapat dibagikan. Namun, Instagram Stories juga akan diuji penggunaanya.

Twitter mengatakan bahwa sekelompok kecil pengguna iOS akan segera menguji fitur berbagi tweet ke stories Instagram. Layanan fitur baru ini dibuat untuk aplikasi media sosial yang ada.

Pengguna Twitter nantinya dapat memposting ulang tweet di platform media sosial lain, mengingat saat ini, Instagram dipenuhi dengan berbagai halaman yang membagikan tangkapan layar tweet dan Facebook. []

(Christine Sheptiany) 

Berita terkait
Dewan Pengawas Facebook Mulai Tangani Enam Kasus Pertama
Dewan Pengawas Facebook, sebagai badan independen yang meninjau moderasi konten di media sosial Facebook, telah menerima kasus pertamanya.
Facebook & Instagram Bakal Hapus Postingan Hoaks Vaksin Covid-19
Facebook dan Instagram bakal melakukan penghapusan sepihak terhadap postingan klaim palsu atau hoaks tentang vaksin Covid-19.
Apple Music Bakal Kompatibel di Perangkat Speaker Google
Layanan Apple Music dipastikan bakal tersedia di smart speaker dan displays yang digunakan untuk Google Assistant.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City