Layanan Google Down, YouTube hingga Gmail Tidak Bisa Diakses

Google mengalami down pada Senin, 14 Desember 2020. Akibatnya, sejumlah layanan mereka yang mencangkup YouTube hingga Gmail tidak bisa diakses.
Logo Google

Jakarta - Perusahaan raksasa teknologi Google, mengalami down alias lumpuh pada Senin sore, 14 Desember 2020. Akibatnya, sejumlah layanan mereka yang mencangkup YouTube, Google Doc, Google Mail atau Gmail, hingga Google Photos dan lain-lain tidak bisa diakses oleh penggunanya.

Pantauan Tagar, sejumlah pengguna internet mengeluhkan kelumpuhan YouTube dan sejumlah layanan Google melalui media sosial. Bahkan, tagar #YouTubeDown berada diurutan nomor dua trending topic di Twitter Indonesia dan beranjak menuju urutan pertama.

Sejumlah layanan Google tidak bisa diakses penggunanya. Saat mencoba untuk mengakses YouTube dan Google Docs, pengguna akan mendapati peringatan singkat berbunyi: 'Ada kesalahan dengan server' atau kalimat 'Ada yang tidak beres' bersama dengan kotak pencarian.

Sementara saat pengguna mencoba mengakses Gmail, mereka akan mendapati kalimat peringatan berbunyi: 'Maaf, akun Anda untuk sementara tidak tersedia. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan menyarankan untuk mencoba lagi dalam beberapa menit. Anda dapat melihat Dasbor Status G Suite untuk mengetahui status layanan saat ini.'

Sementara pihak YouTube dalam keterangannya mengatakan, saat ini mereka tengah berusaha mengatasi kendala teknis yang ada. Mereka juga mengaku masih menyelidiki penyebab lumpuhnya layanan mereka.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah dalam mengakses YouTube saat ini - tim kami menyadarinya dan menyelidikinya. Kami akan mengabari Anda di sini segera setelah kami memiliki lebih banyak kabar: Tim YouTube," kata mereka, dikutip Tagar pada Senin, 14 Desember 2020. []

Berita terkait
Daftar 10 Kata Kunci Paling Dicari di Google Sepanjang 2020
Berikut Tagar rangkumkan daftar 10 besar kata kunci pencarian terpopuler sepanjang tahun 2020 di laman mesin pencari Google.
Apple Music Bakal Kompatibel di Perangkat Speaker Google
Layanan Apple Music dipastikan bakal tersedia di smart speaker dan displays yang digunakan untuk Google Assistant.
YouTube Luncurkan Fitur Lawan Hate Speech di Kolom Komentar
layanan berbagi video YouTube, siap meluncurkan fitur baru demi menanggulangi maraknya ujian kebencian atau hate speech di internet.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.