UNTUK INDONESIA
Golkar Sumut Dukung Airlangga Hartarto
Golkar Sumut untuk mendukung Airlangga Hartanto sebagai Ketua Umum Golkar pada musyawarah nasional Golkar tahun ini.
Rapat pleno DPD Golkar Sumut di Hotel Polonia, Medan, Senin, 29 Juli 2019. (Foto: Tagar/Tonggo Simangunsong)

Medan - Setelah melalui rapat pleno, DPD Partai Golkar Sumatera Utara akhirnya menetapkan empat nama untuk diajukan sebagai calon pimpinan DPRD Sumut periode 2019-2024.

Ke empat nama tersebut, yakni Ahmad Yasir Ridho Lubis, Wagirin Arman, Syamsul Bahri Batubara dan Putri Susi Melani Daulay.

"Ini ada empat yang kita tetapkan. Sudah sesuai juklak," kata Plt Ketua DPD Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjung, seusai rapat pleno di Hotel Polonia, Medan, Senin 29 Juli 2019.

Dari nama-nama itu, katanya, ada yang sudah duduk di kursi dewan, ada juga yang masih baru. Wagirin Arman misalnya, saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Sumut dan terpilih lagi pada putaran Pileg 2019 lalu.

"Kita terus berbenah untuk menjadi partai politik yang lebih baik dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa," ungkapnya.

Golkar sendiri berhasil merebut 15 kursi di DPRD Sumut pada Pileg 2019. Meski perolehan kursi itu turun dibanding periode sebelumnya, Golkar optimistis bisa mengamankan satu kursi pimpinan dewan.

Dukung Airlangga Hartarto

Rapat pleno tersebut diperluas dengan deklarasi Golkar Sumut untuk mendukung Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar pada musyawarah nasional (Munas) Golkar tahun ini.

Kader partai dari seluruh daerah di Sumut akan tetap mendukung Airlangga sebagai ketua umum

Sebelumnya, dua nama mencuat sebagai calon kuat untuk merebut kursi ketua umum. Selain Airlangga, Ketua DPR Bambang Soesatyo juga digadang-gadang bakal maju dalam perebutan kursi itu.

Ketua Umum Golkar akan dipilih melalui Munas, akhir tahun ini. Airlangga sendiri diperkirakan akan bertarung dengan Bambang Soesatyo untuk merebut kursi nomor satu di partai berlambang pohon beringin itu.

Sebanyak 33 Ketua DPD Golkar tingkat kabupaten/kota menyerahkan surat pernyataan dukungan satu per satu. Surat tersebut diserahkan langsung kepada Airlangga dalam acara itu.

Terkait dukungan itu, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan dukungan kader partai terhadap Airlangga, karena sosok Airlangga selama ini mampu menjaga roda partai dalam keadaan baik-baik.

Menurut dia, kepemimpinan Airlangga Hartarto sudah dalam jalur yang benar, untuk memenangkan Golkar pada Pilkada serentak 2020 dan Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini terlihat dari jumlah kursi legislatif yang berhasil direbut pada Pemilu 2019 secara nasional. Capaian ini menurutnya juga terlihat di Sumut.

"Makanya, tidak salah, sebagai bentuk tanggung jawab kita, kader partai dari seluruh daerah di Sumut akan tetap mendukung Airlangga sebagai ketua umum," tegasnya.

Sebelumnya, Airlangga dan Bambang Soesatyo telah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Ketum Golkar beberapa waktu lalu. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Amankan Akun Tokopedia Anda, Begini Caranya
Tokopedia sedang mengalami masalah keamanan. Bagi Anda yang memiliki akun, sebaiknya mengamankannya dengan melakukan sejumlah cara.