UNTUK INDONESIA
Gol Sanchez Bawa Chile ke Perempat Final
Striker Chile Alexis Sanchez menjadi penentu kemenangan 2-1 atas Ekuador di Copa America, Sabtu 22 Juni 2019 pagi WIB.
Striker Chile Alexis Sanchez menjadi penentu kemenangan 2-1 atas Ekuador di Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Sabtu 22 Juni 2019 pagi WIB. (Foto: tsn.ca)

Jakarta - Striker Alexis Sanchez menjadi penentu kemenangan sekaligus mengantarkan Chile ke perempat final Copa America. Chile lolos ke babak selanjutnya setelah mengalahkan Ekuador 2-1 dalam duel di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu 22 Juni 2019 pagi WIB.

Sanchez yang tersingkir di Manchester United karena gagal tampil maksimal justru menunjukkan performa terbaik di La Roja. Dirinya menbuktikan sebagai pemain depan yang tetap harus diperhitungkan oleh kiper lawan. 

Di laga tersebut, Sanchez mencetak gol yang mengubah skor menjadi 2-1. Ini merupakan gol kedua striker berusia 30 ini di Copa America. Gol itu juga merupakan yang ke-43 di timnas. 

Kemenangan ini menjadikan Chile menduduki puncak klasemen Grup C dengan poin enam. Mereka pun menjadi tim kedua setelah Kolombia yang memastikan lolos ke perempat final. 

Di posisi kedua di grup itu diduduki Uruguay yang sebelumnya bermain imbang 2-2 melawan Jepang. Uruguay yang memiliki poin empat pun hampir dipastikan meraih tiket ke perempat final. 

Sebaliknya, Ekuador yag sudah dua kali menelan kekalahan bakal tersingkir dari penyisihan grup. Peluang mendapatkan tiket ke perempat final dengan menduduki peringkat tiga terbaik tampaknya sulit diperoleh. 

Apalagi di laga terakhir, Ekuador berhadapan dengan Jepang yang juga membutuhkan kemenangan untuk membuka peluang ke perempat final. Duel penentuan itu digelar pada Selasa 25 Juni 2019 pagi WIB. 

Inisiatif Menyerang

Di laga itu, Chile yang berstatus juara bertahan langsung mengambil inisiatif menyerang. Hanya, Ekuador sudah belajar dari kekalahan 0-4 saat menghadapi Uruguay.

Meski demikian. gawang Ekuador sudah kebobolan saat laga baru berjalan delapan menit. Gol Chile dihasilkan oleh Jose Pedro Fuenzalida saat terjadi kemelut di depan gawang Ekuador. 

Namun, keunggulan itu membuat Chile kehilangan dominasi permainan mereka. Sebaliknya, Ekuador mampu bangkit untuk mengejar ketinggalan gol. Peluang terbaik diperoleh Ekuador saat gelandang Sebastian Mendez dijatuhkan kiper Gabriel Arias di kotak penalti di menit 26. 

Wasit Patricio Loustau langsung menunjuk titik putih. Eksekusi penalti pun dituntaskan oleh Enner Valencia. Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Chile kembali memberikan tekanan. Mereka tak memberi kesempatan lawan mengembangkan permainan. Hasilnya, Sanchez sukses mencetak gol di menit 51. Menerima umpan dari Charles Aranguiz, dirinya kemudian melepaskan tembakan yang menembus gawang Ekuador. Skor menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir laga. 

Susunan Pemain

Ekuador (4-3-3): Dominguez-Velasco, Achilier, Arboleda, Ramírez; Orejuela, Gruezo, Mendez; Mena, E. Valencia, Ibarra 

Gol: E. Valencia 26' pen

Chile (4-3-3-): Arias-Isla, Medel, Maripán, Beausejour; Aránguiz, Pulgar, Vidal; Fuenzalida, Vargas, Alexis

Gol: Fuenzalida 8’,  Sanchez 51’[]

Baca juga: 

Berita terkait
0
Menkominfo Bilang Beli TV Digital Siaran Analog
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate berkeinginan siaran televisi di Indonesia beralih dari analog ke siaran TV digital.