Gitar Johnny Ramones Laku Terjual Hampir Rp 14 miliar

Tidak hanya itu, gitar tersebut juga sudah dipakai untuk mengisi 15 album live dan studio keluaran Ramones.
Johnny Ramones (Foto: Tagar/Instagram @ramones)

Jakarta - Gitar listrik bermerek Mosrite Ventures II keluaran 1965 milik Johnny Ramones laku terjual dalam acara lelang yang digelar RR Auction. Gitar tersebut sangat ikonik karena sudah menemani Johnny Ramones selama 20 tahun.

Gitar tersebut juga merupakan gitar pertama yang ia gunakan selama dua dekade. Sempat mengalami kasus pencurian yang menghilangkan sebagian besar peralatan milik band pada 1983, namun gitar ini tetap terselamatkan.

Daniel Rey, selaku orang yang kerap kali meproduseri album-album dari Ramones dan ikut menulis lagu melelang Gitar legendaris tersebut. Tercatat, gitar tersebut laku terjual dengan nilai yang cukup fantastis, yakni di angka US$ 937.500 atau senilai Rp 13,4 miliar pada kurs mata uang sekarang.

Sebelumnya, Rey sudah membeli gitar tersebut dari Johnny pada tahun 1996 silam. Menurut Rey, pada saat itu Johnny ingin hidup dengan bebas tanpa embel-embel dari Ramones lagi. Gitar tersebut pun sudah tersimpan rapih selama 25 tahun di lemari kaca Rock & Roll Hall of Fame, di Ohio.

Gitar tersebut tidak hanya mewakili sejarah dan kenangan dari band legendaris, Ramones. Namun gitar tersebut hanya diproduksi sebanyak 100 hingga 150 berjenis Venture II pada tahun 1965. Bagian belakang gitar tersebut juga terdapat tanda tangan “Johnny Ramone, My Main Guitar, 1977-1996”.

Tercatat, gitar tersebut sudah melakoni berbagai konser dari Ramones. Johnny menggunakan gitar tersebut sejak tahun 1977 – 1996 dan setidaknya sudah menemaninya dalam 1.985 konser Ramones.

Tidak hanya itu, gitar tersebut juga sudah dipakai untuk mengisi 15 album live dan studio keluaran Ramones. Album-album tersebut diantaranya “End of The Century”, Rocket to Russia”, dan “Adios Amagos!”.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Opini: Pesantren dan Musik, Sebuah Pengalaman
Sebagian netizen mengatakan bahwa para santri yang menutup kuping agar tidak terdengar suara musik itu adalah sikap radikal. Mukti Ali Qusyairi.
Penjelasan Musik Sebagai Media Penenang Pikiran
Manfaat mendengar musik dikala sedang stress sudah tidak diragukan lagi, sebab musik bisa membawa jiwa ke dalam sebuah dunia imajinasi.
Grup Musik Swedia ABBA Luncurkan Album Baru setelah 40 Tahun
Grup musik ABBA yang populer dengan lagu Dancing Queen akan merilis musik baru setelah empat dekade
0
Gitar Johnny Ramones Laku Terjual Hampir Rp 14 miliar
Tidak hanya itu, gitar tersebut juga sudah dipakai untuk mengisi 15 album live dan studio keluaran Ramones.