Penjelasan Musik Sebagai Media Penenang Pikiran

Manfaat mendengar musik dikala sedang stress sudah tidak diragukan lagi, sebab musik bisa membawa jiwa ke dalam sebuah dunia imajinasi.
Ilustrasi headset untuk mendengarkan musik (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Stress merupakan gejala yang membuat seseorang merasa tertekan dengan terhadap situasi yang sulit atau berbahaya, biasanya ini di alami oleh manusia yang umurnya menginjak 20 tahun ke atas.

Kebanyakan orang memilih mendengarkan musik, kenapa begitu? Karena itu adalah hal yang simple tapi bisa berdampak besar bagi si pendengar.

Manfaat mendengar musik dikala sedang stress sudah tidak diragukan lagi, sebab musik bisa membawa jiwa ke dalam sebuah dunia imajinasi lagu tersebut. 

Para ilmuan setuju bahwa mendengarkan musik bisa memperbaiki suasana hati. Masa iya bisa?

Penjelasannya, musik merupakan suatu gelombang suara. Gelombang suara ini masuk kedalam telinga tepatnya menuju ke gendang telinga, kemudia suara di terima oleh sel rambut yang nantinya akan di ubah menjadi sinyal listrik. Baru lah akan terkirim ke otak melalui saraf otak.

Disaat bersamaan, bagian otak yang bernama otak temporal terus bekerja untuk menyimpan ingatan baru. 

Tujuannya, ketika dimasa depan mendengarkan lagu yang sama secara otomatis anda akan mengingatnya kembali dengan ingatan yang menyenangkan.

Dengan begitu, terbukti bahwa musik bisa menjadi media penenang fikiran dan melibatkan banyak fungsi otak dalam satu waktu.

Sekarang juga banyak para medis menggunakan terapi dengan cara mendengarkan musik, contohnya para pengidap depresi yang menjalani terapi music sebagai salah satu pengobatan tambahan. 

Saat mendengarkan musik pasien akan lebih cepat pulih daripada pasien yang hanya mengandalkan terapis biasa. []

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Grup Musik Swedia ABBA Luncurkan Album Baru setelah 40 Tahun
Grup musik ABBA yang populer dengan lagu Dancing Queen akan merilis musik baru setelah empat dekade
Telkomsel Terus Mendukung Musik Indonesia di Masa Pandemi
Langkah nyata Telkomsel untuk mendukung pergerakan industri musik Indonesia adalah dengan cara menggelar konser virtual.
Band Remaja Gipsi Serbia Berdayakan Perempuan dengan Musik
Sebuah band remaja perempuan di Serbia, Eropa, yang didirikan 2014 memakai musik mereka untuk memberi dukungan bagi hak-hak perempuan
0
Penjelasan Musik Sebagai Media Penenang Pikiran
Manfaat mendengar musik dikala sedang stress sudah tidak diragukan lagi, sebab musik bisa membawa jiwa ke dalam sebuah dunia imajinasi.