UNTUK INDONESIA
Giliran Wali Kota Cirebon dari Partai Demokrat Dukung Jokowi-Ma'ruf
Selain Wali Kota Cirebon, ini sederet nama kepala daerah di Jawa Barat dukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.
Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nasrudin Azis (kiri). (Foto: Facebook/Nasrudin Azis)

Cirebon, (Tagar 21/1/2019) - Nasrudin Azis, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, dari Partai Demokrat, secara mengejutkan mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Saya menyatakan siap mendukung dan memenangkan pasangan nomor urut 01, Ir H Joko Widodo dan Prof Dr KH. Ma'ruf Amin," kata Azis di Cirebon, Sabtu (19/1) dilansir kantor berita Antara.

Baca juga: Ketua Partai Demokrat Kalteng Dukung Jokowi-Ma'ruf

Azis merupakan Wali Kota Cirebon yang diusung Partai Demokrat. Azis melakukan deklarasi dukungan di Hotel Verse Jalan Tuparev Cirebon.

Deklarasi itu dihadiri Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin wilayah Jawa Barat Saan Mustofa dan Ketua Tim Pemenangan Jokowi di Kota Cirebon Edi Suripno.

Baca juga: Ramai-ramai Dukung Jokowi

Dalam deklarasi yang dibacakan sendiri oleh Azis, ia mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, karena dianggap sudah menjalankan pemerintahannya dengan baik dan pro rakyat.

"Saya mencermati, kepemimpinan Jokowi saat ini berpihak kepada kepentingan rakyat," tuturnya.

Selain itu, lanjut Azis, Jokowi juga telah berhasil melakukan pembangunan di segala bidang.

Ia juga menilai, Jokowi merupakan pemimpin yang religius yang berhasil menebar kedamaian dan menciptakan Islam yang rahmatan lil Alamin.

"Jokowi juga bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta merawat keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.

Dengan pertimbangan itulah, Azis mengaku memantapkan dirinya, untuk mendukung Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dan siap memenangkan di pemilihan presiden nanti.

Atas Nama Pribadi

Lebih lanjut Nasrudin Azis menyatakan sebagai warga negara dirinya berhak menentukan hak politik untuk mendukung Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Saat deklarasi saya tidak menggunakan fasilitas negara," katanya usai mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin.

Ia juga memastikan saat deklarasi mendukung calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, posisinya sedang menjalani masa libur.

"Selain itu, deklarasi ini bukan kapastitas saya sebagai Wali Kota Cirebon, tapi atas nama pribadi saya," kata Nasrudin Azis.

Azis juga menegaskan tidak menggunakan fasilitas negara sedikit pun saat deklarasi yang dihadiri oleh sejumlah tim pemenenangan dan relawan Jokowi-Ma'ruf Amin itu.

"Saya bisa pastikan, tidak menggunakan fasilitas negara dalam penyelenggaraan deklarasi ini," tuturnya.

Elektabilitas Naik

Sementara itu pada Minggu (20/1) di Jakarta, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto menyatakan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 di Jawa Barat naik karena dukungan para kepala daerah kepada pasangan itu.

"Jabar menunjukkan tren naik karena tokoh-tokoh di Jabar memberikan dukungan kepada Pak Jokowi. Terakhir Bupati Cirebon memberikan dukungan kepada kami," ujar Hasto Kristiyanto di sela Safari Kebangsaan V di Jakarta, Minggu.

Menurut Hasto, para kepala daerah merasakan kepemimpinan Jokowi yang programnya tidak membeda-bedakan partai politik kepala daerah.

Sukabumi yang sebelumnya merupakan basis kekuatan kubu lain, disebutnya mulai mendukung Jokowi-Ma'ruf yang membangun infrastruktur dan membagikan KIS dan KIP.

Apabila Jokowi hanya pertimbangkan elektoral, tutur dia, Indonesia Timur tidak akan maju dan tidak dibangun infrastrukturnya.

"Pak Jokowi menempatkan upaya mengatasi ketidakadilan sebagai skala prioritas. Dengan demikian wajar kepala daerah memberikan dukungan kepada Pak Jokowi," ucap dia.

Adapun kepala daerah di Jawa Barat yang mendukung pasangan nomor urut 01 di antaranya yakni:

1. Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih

2. Bupati Kuningan Acep Purnama

3. Bupati Cirebon Rahmat Sutrisno

4. Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis

5. Bupati Subang Ruhimat

6. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

7. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja

8. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

9. Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin

10. Bupati Ciamis Iing Syam Arifin

11. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata

Pada Jumat 21 September 2018 Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat Jokowi-Ma'ruf, Dedi Mulyadi menyatakan sebanyak 23 kepala daerah di Provinsi Jawa Barat mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. 

Bentuk dukungan tersebut, kata Dedi, adalah secara pribadi, bukan kelembagaan. 

Dalam survei yang dilakukan lembaga Indopolling Network di wilayah Jawa Barat selama 9-15 Oktober 2018, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul tipis dari kompetitornya Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf memperoleh 27 persen suara, sementara Prabowo-Sandi memperoleh 21,4 persen suara.

Keunggulan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat ini menarik perhatian, lantaran pada Pilpres 2014 perolehan suara Jokowi kalah oleh Prabowo di Provinsi tersebut. []

Berita terkait
0
Sri Mulyani Ubah Peraturan Dinas Luar Negeri ASN
Menkeu Sri Mulyani Indrawati menetapkan perubahan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tata Cara Pelaksanaan Perjalanan Dinas Luar Negeri bagi ASN.