UNTUK INDONESIA
Giliran Ketua Partai Demokrat Kalteng Dukung Jokowi-Ma'ruf
Menambah panjang daftar kepala daerah di berbagai Tanah Air dari bukan partai koalisi secara terbuka nyatakan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf.
Jokowi-Ma'ruf dalam acara deklarasi kampanye damai di Monas, Minggu 23/9/2018. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Palangka Raya, (Tagar 23/9/2018) - Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Tengah sekaligus Bupati terpilih Barito Utara Nadalsyah, mendukung calon Presiden Republik Indonesia nomor urut satu Joko Widodo berpasangan dengan Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden tahun 2019.

Pemberian dukungan kepada Capres yang bukan diusung partai Demokrat tersebut bukan tanpa pertimbangan dan siap menanggung berbagai risiko, kata Nadalsyah di Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Minggu (23/9) dilansir Antara.

"Saya pastikan, dukungan ini bukan atas nama partai, melainkan atas nama pribadi, nama kedinasan. Karena dukungan itu bukan atas nama partai, sehingga tidak perlu melakukan konsultasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa pemberian dukungan tersebut juga merupakan arahan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Untuk itu, sebagai Bupati terpilih Barito Utara kedua kalinya, sudah selayaknya secara sukarela mengikutinya.

Apalagi, lanjut dia, sebelumnya Ketua DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan pernyataan yang seakan memberi ruang untuk memberi dukungan pada pihak manapun dalam Pilpres 2019.

"Pak SBY juga pernah bilang, kalau atasan kami selaku kepala daerah adalah Presiden, tetapi atasan sebagai ketua partai adalah ketua umum partai. Itu saja yang saya kutip dari Ketua DPP," kata Nadalsyah.

Sebelumnya, Nadalsyah mewakili seluruh Kepala Daerah se-Kalteng membacakan surat pernyataan dukungan terhadap capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf, yang turut disaksikan langsung oleh Gubernur Sugianto Sabran, serta sejumlah pimpinan partai politik di wilayah Kalteng.

Surat pernyataan dukungan tersebut pun diserahkan kepada Agustiar Sabran selaku Ketua Tim Kampanye Daerah Capres nomor urut satu, untuk diserahkan kepada Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

"Ini dukungan luar biasa sekali. Karena selain partai pengusung, tokoh-tokoh di kabupaten dan kota se-Kalteng juga memberi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf," kata Agustiar yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng itu.

Adanya dukungan dari semua pihak tersebut, dirinya pun sangat optimistis dan yakin suara yang diperoleh untuk pasangan nomor urut satu di provinsi Kalteng minimal 70 persen dari seluruh pemilih.

"Kami sudah menyiapkan segala hal agar target itu bisa tercapai. Kami membuat tim secara struktur, multi level, dari desa sampai provinsi. Tentunya juga melibatkan tokoh adat, tokoh ulama, dan tokoh pemuda," kata Agustiar. 

Pernyataan Ketua Partai Demokrat Kalteng ini menambah panjang daftar kepala daerah di berbagai Tanah Air dari bukan partai koalisi yang secara terbuka menyatakan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf. []

Berita terkait
0
Bangun Nugroho Di-PHK Istri dan Anak Meninggal
Setelah 40 hari kepergian istrinya, 19 Februari 2020, Bangun Nugroho ditinggal pergi oleh putranya. Istri dan anaknya meninggal karena sakit