Gibran Rakabuming Bersiap Gelar Piala Wali Kota Solo 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mempersiapkan Piala Walikota Solo 2021 yang akan digelar sebelum kompetisi sepakbola Liga 1 dan 2 dimulai.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Tagar/Setneg.go.id)

Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sedang mempersiapkan Piala Wali Kota Solo 2021, yang akan digelar sebelum kompetisi sepakbola Indonesia Liga 1 dan 2.

Gibran menyampaikan, Piala Wali Kota 2021 digelar sebagai ajang pemanasan untuk Persis Solo. Sebab, Laskar Sambernyawa itu belum sempat mengikuti kompetisi sejak Liga 2 yang berakhir November 2019 lalu.

"Persis belum pernah ikut kompetisi dengan komposisi pemain yang baru, makanya harus ada pertandingan kompetitif," katanya usai meninjau vaksinasi pemain Persis di RS dr Oen Solo, Jumat, 28 Mei 2021.

Ide menggelar Piala Wali Kota Solo 2021 muncul ke permukaan setelah Kota Solo berhasil menggelar Piala Menpora dari babak penyisihan hingga final awal tahun ini.

Berbekal pengalaman tersebut, Gibran optimistis dan percaya bahwa turnamen ini akan berlangsung lancar di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di Tanah Air. 

"Sama seperti Piala Menpora kemarin. Kita tetap tanpa penonton supaya tidak ada kerumunan," katanya.

Dia juga mengatakan akan mengembangkan sport tourism dan wellneas tourism di Kota Solo. Karena keduanya merupakan sektor batu yang bisa dikembangkan di Kota Bengawan ini

"Kota Solo kan punya potensi yang sangat besar. Solo punya venue olahraga standar nasional dan internasional, apalagi kita sudah sukses sebagai tuan rumah Piala Menpora," ucapnya.

Menurutnya, jika kedua sektor itu akan terus digenjot ke depannya dengan fasilitas ada. Nantinya itu bisa menjadi suport sistem pariwisata di Solo, termasuk gelaran Piala Wali Kota nanti.


Sama seperti Piala Menpora kita tetap tanpa penonton supaya tidak ada kerumunan.


Rencananya, Piala Wali Kota Solo 2021 digelar awal Juni 2021, Gibran mengakui gelaran tersebut berdekatan dengan Liga 1 yang dijadwalkan 11 Juni 2021 - 11 Maret 2022.

Namun putra Presiden Joko Widodo itu memastikan Piala Wali Kota akan rampung sebelum Liga 1 dimulai.

"Kita kejar awal Juni besok. Nanti selesainya cepat kok. Jadi masih ada jeda sebelum Liga 1 dimulai," katanya.

Gibran belum bisa memastikan berapa tim yang akan mengikuti Piala Walikota 2021. Ia berharap klub-klub dari Liga 1 maupun 2 dapat berpartisipasi dalam laga persahabatan tersebut.

"Tapi kalau ada klub-klub lain yang mau ikut ya silakan, saya tidak menutup pintu," ucapnya.

Beberapa waktu lalu, Persib Bandung menyatakan tidak akan mengikuti Piala Wali Kota Solo 2021 karena belum ada kepastian dari penyelenggara.

Apalagi, kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air dinilai menjadi faktor yang mempersulit terselenggaranya turnamen sepak bola. Merespons hal ini Gibran tidak terlalu mempermasalahkan absennya Maung Bandung dari Piala Wali Kota.

"Ya bebas. Masing-masing tim kan punya strategi. Persib dan Persija kan kemarin sudah ikut pemanasan di Piala Menpora. Kalau sekarang mereka fokusnya untuk mengasah strategi, ya silakan," katanya. []

Berita terkait
Gibran Rakabuming Dibanding-bandingkan dengan Puan Maharani
Perjalanan politik Gibran Rakabuming dibanding-bandingkan dengan perjalanan politik Puan Maharani. Gibran dinilai instan, Puan jalan panjang.
Profil Gibran Rakabuming Raka, Langsung Kerja Usai Dilantik
Sepak terjang Gibran Rakabuming Raka yang resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo untuk periode 2021-2026.
Daftar Harta Kekayaan Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution
Anak dan menantu Jokowi, Gibran dan Bobby sah menjadi calon wali kota. Berapa harta kekayaan yang dimiliki para keluarga istana tersebut?
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.