Gempa Mamuju, Doni Monardo Kerahkan 4 Helikopter ke Lokasi

Doni Monardo segera menuju Mamuju, Sulawesi Barat usai mendengar adanya bencana gempa bumi pada Jumat, 15 Januari 2021.
Kerusakan akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Pool)

Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo segera menuju Mamuju, Sulawesi Barat usai mendengar adanya bencana gempa bumi pada Jumat, 15 Januari 2021.

Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah yang turut serta mendampingi Doni sebelum bertolak menuju Mamuju mengatakan sebelumnya Kepala BNPB Doni Monardo bersama dengan beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Komisi VIII telah bersiap akan lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Namun pagi ini Kepala BNPB langsung merubah rencana dan segera berangkat menuju Mamuju, serta mengintruksikan 4 helikopter BNPB untuk menuju ke lokasi bencana.

Perlu diketahui, pada Jumat, 15 Januari 2021 sekitar pukul 01.28 WIB atau 02.28 WITA gempa berkekuatan magnitude 6,2 terjadi dan merubuhkan sejumlah bangunan di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Diketahui, gempa berpusat di 6 kilometer Timur Laut Kabupaten Majene, Sulawesi Barat tapi getarannya terasa hingga Mamuju, Makassar bahkan Palu.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di koordinat 2,98 Lintang Selatan dan 118,94 Bukur Timur. Sementara, pusat gempa memiliki keadalaman 10 kilometer dan tidak memicu terjadinya gempa.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah keseluruhan bangunan yang rubuh dan rusak serta jumlah korban karena adanya bencana gempa berkekuatan 6,2 magnitudo ini. []

Berita terkait
Gempa di Majene 4 Meninggal, 600 Warga Mengungsi
BPBD Kabupaten Majene mengabarkan empat warganya meninggal dunia dan lebih dari enam ratus menderita luka-luka.
Data Korban Jiwa dan Kerusakan Gempa M 6,2 Majene Sulbar
Gempa bumi berkekuatan M 6,2 di Majene, Sulbar menyebabkan korban jiwa dan kerugian material. Berikut data sementara dari Pusdalops PB BNPB.
Gempa 6,2 SR di Sulbar, Tiga Orang Meninggal, Puluhan Luka
Gempa dengan magnitudo 6,2 SR mengguncang wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, tiga orang meninggal dan puluhan bangunan ambruk
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.