UNTUK INDONESIA
Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,7 Terjadi di Turki
Gempa di bagian tenggara Turki berkekuatan magnitudo 5,7 menewaskan tujuh orang pada Minggu, 23 Februari 2020. Seribu bangunan roboh.
Ilustrasi - Gempa Bumi. (Foto: Antara/DOK. ANTARA)

Jakarta - Gempa di bagian tenggara Turki berkekuatan magnitudo 5,7 menewaskan tujuh orang pada Minggu, 23 Februari 2020. Seribu bangunan roboh. Gempa bumi ini terjadi di dekat wilayah perbatasan Turki-Iran. 

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengonfirmasi hal tersebut seiring dengan kedatangan tim penyelamat di lokasi gempa. Dilaporkan, sumber gempa berada di kedalaman lima kilometer. Demikian dikutip dari Antara, Minggu, 23 Februari 2020.

Soylu menuturkan tiga dari korban tewas adalah anak-anak. Sementara lima orang dilaporkan menderita luka-luka, serta sekitar 1.066 bangunan roboh.

Video Turkish TV menunjukkan gambar orang-orang yang sedang menciduk puing-puing bangunan dan tembok rumah yang runtuh dengan sekop, juga retakan pada jalan serta sejumlah orang di luar rumah dalam keadaan cuaca bersalju.

Sementara menurut laporan dari saluran berita TRT World, gempa itu berdampak pada 43 desa di Turki, yang mempunyai riwayat gempa hebat.

Sedangkan pemerintah Iran menyebut gempa tersebut dapat dirasakan di wilayahnya tapi sejauh ini belum ada laporan korban tewas. []

Berita terkait
Perbedaan Skala Richter dan Magnitudo untuk Gempa
Sebenarnya sejak 2008, BMKG tidak lagi memakai satuan Skala Richter (SR) untuk menghitung kekuatan gempa, gantinya menggunakan Magnitudo (M).
33 Kali Gempa Susulan Guncang Maluku Tengah
Setelah gempa bumi utama bermagnitudo 5,4 mengguncang wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, tercatat 33 kali gempa susulan.
Respons BMKG Soal Gempa Bumi Papua
Gempa bumi di wilayah Jayapura, BMKG belum terima laporan kerusakan bangunan hingga korban.
0
Isu Corona, Empon-empon di Yogyakarta Laris Manis
Pasar Beringharjo di Yogyakarta diserbu pembeli temulawak, jahe, serai, kunyit, dan jahe merah. Orang-orang ini tak ingin tertular virus corona.