Ganti Menu Sarapan dengan Oatmeal yang Kaya Nutrisi

Cobalah ganti menu sarapan Anda dengan semangkuk oatmeal hangat. Oatmeal mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan.
Sarapan dengan semangkuk oatmeal (Foto: Tagar/Freepik/Racool_studio)

Jakarta – Waktu pagi biasanya kita gunakan untuk sarapan sebelum mulai aktifitas. Menu sarapan masyarakat umumnya mengkonsumsi nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, bubur, ketoprak dan sebagainya. Apakah Anda termasuk orang yang sarapan dengan menu tersebut?

Jika iya, cobalah ganti menu sarapan Anda dengan semangkuk oatmeal hangat. Oatmeal mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan, oatmeal pun juga memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan diperlukan oleh tubuh.

Tak hanya kaya akan serat, mineral dan vitamin, oat juga kaya kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bahaya penyakit sistem kardiovaskular termasuk jantung

Jadi jangan heran jika sarapan dengan oatmeal punya banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan yang tak perlu diragukan lagi. Sarapan dengan oatmeal setiap paginya akan memberikan energi dan semangat saat aktifitas seharian.


Manfaat Konsumsi Oatmeal:

  • Risiko Obesitas Rendah

Kandungan serat yang terkandung dalam oatmeal membuat proses pencernaan butuh waktu lama dan kita akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga mencegah keinginan untuk makan dalam porsi banyak dan cemilan. Berat badan Anda jadi terjaga dan bebas dari masalah obesitas.


  • Mengurangi Kolesterol Jahat

Selain mampu mengurangi risiko obesitas, oatmeal juga mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat atau LDL dalam usus. Sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh turun secara drastis. Caranya konsumsi serat paling sedikit 6 gram, kurang lebih 1 1/2 cangkir setiap hari. Anda juga bisa mengkombinasikan semangkuk oatmeal dengan buah-buahan yang kaya serat lainnya seperti stroberi, alpukat, pisang dan buah lainnya.


  • Risiko Penyakit Jantung Berkurang

Kandungan oatmeal yang menurunkan kadar LDL dan kolesterol jahat dalam tubuh. Beta-glukan yang melimpah dalam oatmeal juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL). Semuanya sangat baik untuk kesehatan jantung Anda, karena penurunan kolesterol dan LDL yang berkaitan dengan mengurangi risiko terkenan penyakit jantung. Pertimbangkan konsumsi oatmeal setiap hari agar terhindar dari penyakit jantung.


  • Gula Darah Stabil

Serat larut atau beta-glukan dalam oatmeal diyakini mampu menjaga kestabilan gula darah dengan meningkatkan respon hormon insulin dalam darah. Yang mana dapat membantu memperlambat proses penyerapan gula. Rajin konsumsi oatmeal membantu Anda terhindar dari diabetes tipe 2.


  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Konsumsi oatmeal mampu membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Seperti sembelit, irritable bowel syndrome, dan radang usus. Oat yang sudah diolah juga bisa mencegah risiko serangan kanker terutama pada usus besar. Namun hal tersebut masih harus dilakukan riset yang lebih jauh. Tak ada salahnya mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi yang sehat.

Nutrisi yang terkandung dalam oatmeal sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Makanan sehat ini juga selain bai untuk dalam tubuh, oatmeal juga kerap digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit. 

Misalnya sebagai masker maupun pembersih wajah atau kulit. Meskipun oatmeal kaya manfaat, tapi banyak orang yang kurang suka karena rasanya hambar. Rasa hambat oatmeal dapat diatasi dengan campuran madu, dan buah-buahan. Tertarik sarapan dengan oatmeal?[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Menteri Kesehatan Negara G7 Gelar Pertemuan Darurat
Pertemuan mendadak pemimpin Negara G7 tentang Covid-19 varian Omicron digelar pada Senin, 29 November 2021, atas undangan Inggris
5 Menu Sarapan Sehat untuk Bantu Diet Anda
Salah satu kunci keberhasilan diet adalah menu makanan yang terjaga, mengonsumsi makanan yang salah dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.
4 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan
Salah satu tanaman herbal yang seringkali ditanam karena memiliki segudang manfaat adalah binahong. berikut 4 manfaat yang bisa anda rasakan.
0
Ganti Menu Sarapan dengan Oatmeal yang Kaya Nutrisi
Cobalah ganti menu sarapan Anda dengan semangkuk oatmeal hangat. Oatmeal mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan.