4 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Salah satu tanaman herbal yang seringkali ditanam karena memiliki segudang manfaat adalah binahong. berikut 4 manfaat yang bisa anda rasakan.
Ilustrasi – Daun binahong. (Foto: Tagar/Instagram/@i.kamalia_withgarden)

Jakarta – Terdapat bermacam tumbuhan herbal yang kerap dijumpai di beberapa perkarangan rumah masyarakat Indonesia. Selain ditanam untuk mempercantik halaman, tumbuhan herbal juga dapat menjadi obat alami untuk memerangi beragam jenis penyakit.

Salah satu tanaman herbal yang seringkali ditanam karena memiliki segudang manfaat adalah binahong. Tumbuhan merambat yang dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi ini ternyata memiliki segudang khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan dan berat yang diderita seseorang.

Di samping untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung efek farmakologis antimikroba yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka, berikut 4 manfaat lain dari penggunaan daun binahong untuk kesehatan.


1. Gagal ginjal

Ektrak daun binahong diyakini berkhasiat mampu membantu meningkatkan fungsi kinerja ginjal, terutama pada penderita gagal ginjal kronis. 

Sebuah studi menyebutkan bahwa daun binahong mengandung sejumlah nutrisi yang mampu meningkatkan fungsi ginjal sehingga dapat memperbaiki sel-sel ginjal penderita gagal ginjal.

Cara mengonsumsinya sangat mudah, Anda hanya perlu merebus 10-15 g daun binahong dengan air hingga mendidih, lalu minum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan.


2. Diabetes

Daun binahong mengandung senyawa kumarin, flavonoid, dan steroid yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Ketiga senyawa yang terkandung dalam daun binahong tersebut diketahui dapat menghambat terjadinya penyerapan dan pemecahan gula di usus. Selain itu, kurmarin, flavonoid, dan steroid juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi dan produksi hormon insulin yang mampu mengendalikan gula darah.

Kemampuan daun binahong untuk menurunkan dan mengurangi risiko diabetes ini juga diperkuat dengan adanya sebuah studi Journal of Nutrition College yang menyebut bahwa daun binahong mampu menurunkan kadar gula dalam darah setelah Anda mengonsumsi makanan.


3. Asam urat

Asam urat tidak hanya dapat diredakan dan diobati dengan jahe, seledri, dan campuran cuka sari apel dengan jus lemon dan kunyit saja, namun juga dengan daun binahong.

Rebusan daun binahong dipercaya mampu mengurangi kadar purin dalam darah karena mengandung flavonoid yang diyakini dapat menghambat terbentuknya asam urat.


4. Maag

Maag merupakan penyakit umum yang kerap diderita oleh masyarakat Indonesia diberagam usia. Meski umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, maag juga dapat dipicu karena adanya gangguan pada saluran pencernaan atau komplikasi dari penyakit lainnya.

Untuk mengontrol dan meringankan gejala penyakit tersebut, konsumsilah ekstrak daun binahong secara rutin. Daun binahong diketahui dapat membantu Anda meringankan gejala sakit maag karena dipercaya mampu mengendalikan kadar asam dalam lambung yang merupakan penyebab utama dari munculnya penyakit maag.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Tak Banyak yang Tahu! 5 Manfaat Kacang Almon Bagi Kesehatan
Almon merupakan jenis biji-bijian bercita rasa gurih yang kerap disajikan sebagai cemilan. Berikut manfaat almon yang baik untuk tubuh.
5 Manfaat Asuransi Kesehatan Hospital Cash Plan
Biaya umum rumah sakit yang dimaksud meliputi obat-obatan, makan, lab, dan lain sebagainya. Santunan yang diberikan juga bersifat harian.
5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Daun kelor mengandung semua unsur asam amino esensial yang penting bagi kesehatan tubuh.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.