Franc Tumanggor Unggul di Pilkada Pakpak Bharat

Berdasarkan penghitungan hasil suara sementara, Franc Bernhard Tumanggor - Mutsyuhito Solin, unggul di Pilkada Kabupaten Pakpak Bharat.
Franc Bernhard Tumanggor, dielukan simpatisannya di posko pemenangan sapo merarih, Rabu 9 Desember 2020 (Foto: Tagar/istimewa)

Pakpak Bharat - Berdasarkan penghitungan hasil suara sementara yang direkap di posko pemenangan, pasangan Franc Bernhard Tumanggor - Mutsyuhito Solin, berhasil memenangkan Pilkada Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Hal itu dikatakan Elson Angkat, Sekretaris Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang dikenal dengan FBT-MO tersebut.

"Kami bersyukur. Berdasarkan perhitungan suara sementara di posko, paslon nomor urut 1 berhasil memenangkan pilkada Pakpak Bharat," kata Elson dikonfirmasi lewat telepon, Rabu, 9 Desember 2020.

Data sementara, kata Elson, jumlah suara sah sebanyak 31.271. Dari angka itu, FBT-MO meraih 18.312 suara atau 58,56 persen.

Sementara paslon Sonni Berutu - Ramlan Boangmanalu yang dikenal dengan Sora Lebbuh, meraih 12.959 suara. FBT-MO unggul di delapan kecamatan.

Elson, yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Pakpak Bharat itu menyebut, pesta demokrasi berlangsung damai. Diutarakan, masyarakat menunjukkan kepuasan dan rasa suka cita.

Tak lama lagi warga menanti realisasi janji politik lewat peningkatan kesejahteraan rakyat

Itu ditandai dengan kehadiran masyarakat di posko pemenangan di Sapo Merarih, untuk menyampaikan ucapan selamat. Secara spontan, Franc dielu-elukan di sebuah kursi.

Baca juga: Ketua DPRD Pakpak Bharat Sonni Berutu Mengundurkan Diri

Pun begitu, Elson mengatakan, perhitungan final masih harus menunggu rapat pleno KPU. Dia berharap, masyarakat kembali bersatu dan melupakan perbedaan pilihan politik.

"Tak lama lagi warga menanti realisasi janji politik lewat peningkatan kesejahteraan rakyat. Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan hak pilihnya," kata Elson.

Elson juga mengapresiasi seluruh penyelenggara pemilu, termasuk TNI-Polri yang berperan dalam pelaksanaan pilkada demokratis ini.

Sebagaimana diketahui, Franc Bernhard Tumanggor adalah putra dari MP Tumanggor mantan Bupati Dairi dua periode, sekaligus inisiator pembentukan Kabupaten Pakpak Bharat.

Baca juga: MP Tumanggor dan Sejarah Kabupaten Pakpak Bharat

Franc meninggalkan kursi DPRD Sumut yang didudukinya sekitar satu tahun. Pasangannya, Mutsyuhito Solin, adalah dosen di Unimed Medan.

Selain dukungan warga, sejumlah politisi memberi dukungan kepada paslon ini. Di antaranya, Junimart Girsang, Djarot Saiful Hidayat, dan Ruhut Sitompul.

Sementara Sonni Berutu, bertarung sebagai calon Bupati Pakpak Bharat, setelah meninggalkan kursi Ketua DPRD Pakpak Bharat untuk periode ke dua. Pasangannya, Ramlan Boangmanalu, berprofesi sebagai pengusaha. [Robert Panggabean]

Berita terkait
Banyak Kasus Kekerasan Pilkada, Kapolres Pakpak Bharat Bungkam
Kepolisian Resor Pakpak Bharat, Sumatera Utara, diminta serius menangani pengaduan kasus kekerasan terkait pilkada.
Diduga Terkait Pilkada Pakpak Bharat, Pria Disabilitas Dianiaya
Pilkada Pakpak Bharat memanas. Diduga terkait persaingan dukungan, dua orang pemuda dianiaya hingga harus dirawat di RSUD Salak.
Demokrat Pakpak Bharat Respon Ucapan 'Orang Gila' Cabup
DPC Demokrat Pakpak Bharat menilai tidak seharusnya seorang cabup menyebut warga yang menghadiri kampanye adalah orang gila.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19