Fraksi PPP Memilih Tak Gunakan Fasilitas Isoman DPR di Hotel

Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi mengatakan fraksinya memilih untuk tidak menggunakan fasilitas isoman di dua hotel bintang 3 DKI Jakarta.
Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Achmad Baidowi. (Foto: Tagar/Dok DPR)

Jakarta - Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Achmad Baidowi mengatakan fraksinya memilih untuk tidak menggunakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) di dua hotel bintang 3 di Jakarta yang disediakan Kesekjenan DPR RI bagi anggota DPR yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Kami memahami fasilitas yang diberikan Setjen DPR. Namun, Fraksi PPP tidak menggunakan fasilitas tersebut," kata Achmad Baidowi atau Awiek di Jakarta, Rabu, 28 Juli 2021. 


Fraksi PPP telah memberikan arahan bagi anggota kami yang positif untuk melakukan isolasi sendiri tidak menggunakan fasilitas yang disediakan Setjen DPR RI.


Ia mengatakan penyediaan fasilitas isoman dari Setjen DPR RI tersebut merupakan hal yang sah-sah saja, dan pihaknya mempersilakan kebijakan tersebut diambil. Menurut dia, fasilitas yang disediakan Setjen DPR tersebut sifatnya merupakan pilihan, bukan kewajiban yang harus ditaati semua anggota DPR RI.

"Kalau teman-teman anggota DPR mau menggunakan fasilitas tersebut silakan, kalau tidak menggunakan juga silakan," ucapnya.

Ia juga mengatakan dirinya dua kali isoman di Rumah Jabatan Anggota (RJA) DPR di Kalibata, Jakarta Selatan karena kebetulan kosong disebabkan keluarnya sedang di kampung halaman. 

Namun, menurut dia, bagi anggota DPR yang di RJA ditempati keluarga dan kebetulan positif Covid-19 maka tentu membutuhkan tempat untuk isolasi.

"Fraksi PPP telah memberikan arahan bagi anggota kami yang positif untuk melakukan isolasi sendiri tidak menggunakan fasilitas yang disediakan Setjen DPR RI," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan lembaganya menyediakan dua hotel bintang 3 di Jakarta sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 tanpa gejala. Kedua hotel tersebut adalah Hotel Ibis di Jalan Daan Mogot dan Hotel Oasis di Jalan Senen Raya. []

Berita terkait
Fasilitas Mewah, Dari Mana Dana Isoman DPR?
Dana untuk penyediaan fasilitas isoman berasal dari anggaran perjalanan dinas luar negeri dan honor narasumber kegiatan tak terpakai saat pandemi.
Formappi: Fasilitas Isoman DPR Rusak Kepercayaan Rakyat
Peneliti Formappi Lucius Karus menilai kebijakan penyediaan fasilitas khusus anggota DPR RI akan merusak kepercayaan rakyat terhadap DPR.
Sekjen DPR: Dua Hotel Disediakan untuk Isoman Anggota DPR
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan lembaganya menyediakan dua hotel bintang 3 di Jakarta sebagai tempat isoman bagi anggota DPR.
0
Fraksi PPP Memilih Tak Gunakan Fasilitas Isoman DPR di Hotel
Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi mengatakan fraksinya memilih untuk tidak menggunakan fasilitas isoman di dua hotel bintang 3 DKI Jakarta.