Indonesia
Final Liga Europa, Ini Rekor Chelsea vs Arsenal
Chelsea untuk kali pertama bertemu Arsenal di Liga Europa. Mereka akan berduel di final sesama klub Inggris di kompetisi Eropa.
Chelsea menghadapi rival satu kota, Arsenal, di final Liga Europa. Di semifinal, Jumat 19 Mei 2019 dini hari WIB, Chelsea menyingkirkan Eintracht Frankfurt dan Arsenal mengalahkan Valencia. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Final sesama klub Inggris. Ya, all-English final terjadi saat Chelsea bertemu Arsenal di laga puncak Liga Europa di Stadion Olympic, Baku, Azerbaijan, Rabu atau Kamis, 30 Mei 2019 dini hari WIB. Ini merupakan pertemuan pertama dua tim London di Liga Europa. 

Chelsea melaju ke final setelah menyingkirkan Eintracht Frankfurt 4-3 lewat adu penalti. Sedangkan Arsenal menunjukkan performa terbaik saat menaklukkan Valencia 4-2. Hasil itu menjadikan The Gunners unggul agregat 7-3. 

Sukses itu menciptakan all-English final karena mempertemukan dua tim Liga Premier Inggris. Namun ini juga mempertemukan dua klub London yang bertarung di laga puncak. 

Dan ini untuk kali pertama Chelsea dan Arsenal berduel di Liga Europa. Namun di kompetisi Eropa, dua klub London ini pernah bertemu di perempat final Liga Champions 2004. 

Dalam pertemuan itu, kedua tim bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge. Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah pertama unggul lewat Eidur Gudjohnsen. Namun Arsenal mampu menyamakan skor melalui Robert Pires.

Di laga kedua di markas lama Arsenal di Highbury, tuan rumah sempat unggul lebih dulu melalui Jose Antonio Reyes. Namun Chelsea membalikkan keadaan. Diawali gol Frank Lampard yang menyamakan kedudukan. Dan, bek Wayne Bridge menjadi bintang kemenangan The Blues setelah mencetak gol saat pertandingan tersisa tiga menit. 

Chelsea melaju ke semifinal. Sayangnya langkah mereka terhenti di babak itu setelah dikalahkan Monaco yang kemudian menjadi runner up Liga Champions

Ini merupakan pertemuan pertama Chelsea dan Arsenal di kompetisi Eropa. Di kompetisi domestik, kedua tim sudah 197 bertemu sejak 1907. Sejauh ini Arsenal lebih unggul ketimbang rivalnya. Klub London Utara ini menang 77 dan Chelsea tercatat menang 63 kali. Sedangkan 57 pertandingan lain berakhir imbang. 

Di delapan laga terakhir, Arsenal hanya kalah sekali. Musim ini di Liga Premier, Chelsea menang 3-2 atas rivalnya pada 18 Agustus 2018. Laga itu merupakan pembuka liga. Pada pertemuan kedua, giliran Arsenal yang menaklukkan Chelsea 2-0, 19 Januari 2019. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Uang Makan Napi Rp 20 Ribu, Rupan: Tidak Manusiawi
Besaran anggaran negara untuk narapidana di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan sebesar Rp 20 ribu per tiap hari tidak manusiawi.