Indonesia
Chelsea Lolos, Final Sesama Inggris di Liga Europa
Chelsea melaju ke final setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt 4-3 lewat adu penalti di semifinal kedua Liga Europa.
Chelsea merayakan kemenangan atas Eintracht Frankfurt di laga kedua semifinal Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, Jumat 10 Mei 2019 dini hari WIB. Chelsea menang 4-3 lewat adu penalti dan lolos ke final. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Chelsea dan Arsenal menciptakan final sesama klub Inggris di Liga Europa. Setelah Arsenal, tak lama kemudian Chelsea lolos ke final setelah menaklukkan Eintracht Frankfurt 4-3 (1-1) lewat drama adu penalti di laga kedua semifinal di Stadion Stamford Bridge, Jumat 10 Mei 2019 dini hari WIB.

Final tak sekadar mempertemukan dua klub liga Premier Inggris. Namun laga di Baku merupakan all-London final karena Arsenal dan Chelsea bermarkas di London. Bila Arsenal beada di London Utara, Chelsea ber-home base di London Barat. 

Dan Kota London kian mengukuhkan sebagai pusat sepak bola Inggris karena satu klub yang bermarkas di ibukota, Tottenham Hotspur juga melenggang ke final Liga Champions. Tottenham menghadapi tim Inggris lain, Liverpool. Musim ini, klub-klub Liga Inggris memang menunjukkan dominasinya di kompetisi Eropa. 

Pertandingan Chelsea melawan Frankfurt harus diselesaikan dengan perpanjangan waktu dan dilanjutkan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1. Pasalnya, di semifinal pertama juga berakhir dengan skor 1-1. 

Unggul Dulu

Chelsea sesungguhnya mengawali laga dengan bagus. Mereka unggul lebih dulu melalui Ruben Loftus-Cheek yang menyelesaikan umpan dari Eden Hazard di menit 28. 

Namun tuan rumah gagal mempertahankan keunggulannya. Striker Luka Jovic menyamakan skor di menit 49. 

ChelseaPemain depan Chelsea Eden Hazard menuntaskan eksekusinya saat menjadi penendang kelima adu penalti di pertandingan kedua semifinal Liga Europa melawan Eintracht Frankfurt di Stadion Stamford Bridge, Jumat 10 Mei 2019 dini hari WIB. Chelsea menang 4-3 dan lolos ke final. (Foto: dailymail.co.uk)

Setelah imbang 1-1, Chelsea tetap berusaha meningkatkan serangan. Hanya, usaha mereka tak membuahkan hasil. Demikia pula Frankfurt gagal menambah gol. 

Sampai waktu 90 menit pertandingan, skor tak berubah sehingga dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Karena tidak ada gol yang tercipta, pertandingan diselesaikan lewat adu penalti. 

Selanjutnya, Frankfurt unggul 2-1 karena Jovic berhasil melakukan eksekusinya. Sebaliknya, Cesar Azpilicueta  gagal menjadi eksekutor kedua Chelsea. Striker  Frankfurt Sebastian Haller sukses mengeksekusi penalti. Demikian pula eksekutor pertama Chelsea, Ross Barkley.

Selanjutnya, Frankfurt unggul 2-1 karena Jovic berhasil melakukan eksekusinya. Sebaliknya, Cesar Azpilicueta  gagal menjadi eksekutor kedua Chelsea. 

Frankfurt memperbesar keunggulan saat eksekutor ketiga Jonathan de Guzman juga sukses melakukannya. Gelandang Chelsea Jorginho juga berhasil mengeksekusi sehinga skor menjadi 3-2 untuk Frankfurt. 

Saat sudah unggul, eksekutor keempat Frankfurt, Martin Hinteregger, gagal melakukannya. Bek David Luiz kemudian menyamakan 3-3 setelah sukses menjadi eksekutor keempat Chelsea.

Dan, Goncalo Paciencia yang menjadi eksekutor terakhir juga gagal. Sebaliknya, Hazard yang menjadi penendang terakhir Chelsea sukses melakukannya. Skor adu penalti menjadi 4-3 yang membawa Chelsea ke final. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Uang Makan Napi Rp 20 Ribu, Rupan: Tidak Manusiawi
Besaran anggaran negara untuk narapidana di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan sebesar Rp 20 ribu per tiap hari tidak manusiawi.