Jakarta - Arsenal tampil gemilang saat mengalahkan Valencia 4-2 pada laga kedua semifinal Liga Europa di Stadion Mestalla, Jumat 10 Mei 2019 dini hari WIB. Striker Pierre-Emerick Aubameyang mencetak hat-trick yang mengantarkan Arsenal ke final Liga Europa. 

Arsenal sukses memperbaiki rekor laga tandang di kompetisi Eropa. Ini untuk kali kedua secara berturut-turut Arsenal mampu meraih kemenangan di Liga Europa. Sebelumnya di laga kedua perempat final melawan tuan rumah Napoli, mereka menang 1-0. Kemenangan yang menjadikan The Gunners unggul agregat 3-0. 

Kini, Arsenal mengulang sukses itu. Pada laga tandang melawan Valencia, mereka tak diunggulkan meski diyakini tetap lolos ke final karena sudah unggul 3-1. Arsenal hanya membutuhkan hasil imbang untuk mencapai final di Baku, Azerbaijan, Rabu 29 Mei 2019.

Hasilnya, mereka malah menang 4-2 dan lolos ke final karena unggul agregat 7-3. Di final, mereka menghadapi Chelsea yang menyingkirkan Eintracht Frankfurt lewat adu penalti.

Sukses itu menjadikan Arsenal untuk kali pertama tampil di final Liga Europa. Sebelumnya, klub London Utara ini pernah meraih sukses di Inter-Cities Fairs Cup 1970 dan Piala Winners 1994. 

Mengalami Kesulitan

Meski menang, Arsenal sempat mengalami kesulitan. Valencia yang harus mengejar defisit gol bermain ofensif. Mereka langsung menekan pertahanan lawan. 

ValenciaPemain Valencia Kevin Gameiro (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Arsenal di laga kedua semifinal Liga Europa di Stadion Mestalla, Jumat 10 Mei 2019 dinihari WIB. Valencia kalah 2-4 dan gagal ke final. (Foto: dailymail.co.uk)

Serangan mereka membuahkan hasil karena Valencia unggul lebih dulu saat laga baru berjalan 11 menit. Gol dicetak Kevin Gameiro yang menyelesaikan umpan dari Rodrigo Moreno. 

Namun keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Hanya berselang enam menit, Arsenal menyamakan kedudukan melalui kerjasama duet lini depan Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Berawal dari Lacazette yang memberikan umpan kepada tandemnya dan diselesaikan dengan baik oleh Aubameyang. 

Skor 1-1 mulai menyulitkan Valencia. Apalagi, tim tamu berbalik unggul di babak kedua. Gol Arsenal diciptakan Lacazette di menit 50. 

Valencia membuka harapan untuk mengejar ketinggalannya saat Gameiro mencetak gol keduanya. Gol yang mengubah skor menjadi 2-2 tercipta di menit 58. 

Hanya Arsenal sudah tak terbendung setelah Aubameyang mencetak gol keduanya di menit 69. Dia menyelesaikan dengan baik umpan Ainsley Matiland-Niles. 

Selanjutnya penyerang asal Gabon ini melengkapi hat-trick, dua menit menjelang bubaran. Aubameyang mencetak gol ketiganya usai menerima umpan terobosan dari Henrikh Mkhitaryan. Skor 4-2 untuk Arsenal bertahan sampai akhir laga. []

Baca juga: