Ferrari Pernah Produksi Sepeda Motor pada 90-an

Ferrari pernah memproduksi sepeda motor pada era 90-an. Pembuatan motor ini sebagai bentuk penghargaan kepada pemilik Ferrari, Enzo Ferrari.
Sepeda motor Ferrari bermesin 900cc. (Foto: Rideapart)

Jakarta - Pabrikan otomotif asal Italia Ferrari dikenal sebagai produsen mobil supercar dan mobil balap berperforma tinggi. Namun siapa yang sangka, Ferrari juga pernah memproduksi sepeda motor pada era 90-an.

Dilansir dari laman Rideapart, motor tersebut digarap oleh David Kay dari David Kay Engineering atas izin dari putra Enzo Ferrari yaitu Piero Ferrari. Enzo Ferrari merupakan pemilik dari Ferrari.

Pembuatan motor ini sebagai bentuk penghargaan kepada Enzo Ferrari. Selain itu, motor ini juga merupakan satu-satunya model sepeda motor yang dikeluarkan oleh pihak Ferrari.

David Kay merupakan salah seorang ahli motor Italia dengan MV Agusta, spesialis dalam MV klasik dan sepeda motor Italia lainnya yang rilis sebelum 1998.

Sepeda Motor Ferrari Bermesin 900ccSepeda motor Ferrari bermesin 900cc. (Foto: Rideapart)

Dengan segala pengetahuan dan keahliannya, Kay mampu menghasilkan motor berlogo kuda jingkrak. Dalam pembuatannya, Kay turut dibantu oleh Terry Hall dalam membuat bodi berbahan alumunium dan knalpot.

Kabarnya, motor ini dilengkapi dengan mesin 4 silinder DOHC kapasitas 900cc, yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 105 daya kuda (dk) pada putaran angka 8.800 rpm.

Pada bagian suspensi, motor tersebut menggunakan shockbreaker depan upside down garapan Forcelle Italia serta menggunakan pelek 17 inci garapan Australite.

Berdasarkan data dari Bonham pada 2008, Motor tersebut mampu mencapai kecepatan maksimal 265 kilometer per jam (kpj). Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 105 hp pada 8.800 rpm.

Sampai saat ini, motor bergaya sport ini sudah keluar masuk rumah lelang. Terakhir kali, motor ini dilelang oleh pihak penyelenggara pelelangan sekitar 308.281 dolar AS atau setara dengan Rp 4,2 miliar. []

Berita terkait
Alasan Ferrari Tidak Bikin Mobil Sport Khusus Wanita
Produsen Ferrari mengungkapkan alasannya tidak menyiapkan kendaraan sport khusus wanita.
F1 Bekas Michael Schumacher Dilego Rp 93 Miliar
Mobil balap Formula Satu ini pernah mengantarkan Michael Schumacher meraih gelar juara dunia.
Ford v Ferrari, Film Kisah Nyata 2 Raksasa Otomotif
Film mengenai dua raksasa otomotif, Ford v Ferrari diprediksi bakal berhasil meraup keuntungan kotor sebesar US$ 20 Juta di masa awal penayangan.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.