UNTUK INDONESIA
Ferdinand Sinaga Bawa PSM ke Papan Atas Liga
Striker Ferdinand Sinaga menjadi penentu saat PSM Makassar menang 2-1 atas Persebaya Surabaya, Rabu 17 Juli 2019.
Striker Ferdinand Sinaga menjadi penentu saat PSM Makassar menang 2-1 atas Persebaya Surabaya di pertandingan Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Rabu 17 Juli 2019.

Makassar - Rekor sempurna diraih PSM Makassar di pertandingan kandang. Kali ini, Persebaya Surabaya yang menjadi korban setelah dikalahkan PSM 2-1 dalam laga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Rabu 17 Juli 2019. Striker Ferdinand Sinaga kembali menjadi penentu kemenangan tim Juku Eja di laga tersebut. 

Ferdinand menunjukkan sebagai penyerang yang tetap diperhitungkan. Di laga sebelumnya, mantan striker tim nasional ini juga menjadi penentu kemenangan saat PSM mengalahkan Bhayangkara FC 2-1. 

Kini, untuk kali kedua, Ferdinand sukses membobol gawang Persebaya. Masuk menggantikan Bayu Gatra, sundulan penyerang berusia 30 ini membawa PSM meraih tiga poin. 

Kami bermain sesuai skema yang direncanakan. Kami mampu menguasai permainan dan meraih kemenangan atas lawan yang tangguh. Ini menunjukkan kami makin siap menghadapi laga-laga berikutnya

Penampilan gemilang striker berjuluk The Dragon ini mengundang pujian dari pelatih Darije Kalezic. Menurut dia Ferdinand yang baru dimainkan di babak kedua memiliki peran penting di pertandingan tersebut. 

"Saya menurunkan Ferdinand untuk menggantikan Bayu Gatra di babak kedua. Dan dia melakukan kerja yang sangat bagus. Ferdinand bisa membuktikan dengan mencetak gol. Saya tidak hanya senang dengan penampilan Ferdinand tetapi juga semua pemain," kata Kalezic.

Hasil itu menjadikan PSM naik ke posisi enam di klasemen sementara dengan torehan 13 poin. Terpaut enam poin dari PS Tira Persikabo yang menduduki posisi puncak. Namun PSM baru menyelesaikan enam laga di kompetisi. Sebaliknya, PS Tira sudah melakoni sembilan pertandingan.

Sementara Persebaya terpaksa turun peringkat. Mereka berada di posisi tujuh setelah mengoleksi 12 poin. Persebaya mengalami penurunan karena hanya mampu meraih satu poin dari tiga laga terakhir. Setelah membantai Persib Bandung 4-0, tim Bajul Ijo ditahan Barito Putera 1-1 dan kemudian kalah dari PSS Sleman serta PSM. 

Menurut Kalezic kemenangan atas Persebaya menjadikan tim makin percaya diri menghadapi laga berikutnya. Pasalnya mereka mampu mendominasi dan menciptakan banyak peluang saat menghadapi salah satu tim terkuat di liga.  

"Kami bermain sesuai skema yang direncanakan. Kami mampu menguasai permainan dan meraih kemenangan atas lawan yang tangguh. Ini menunjukkan kami makin siap menghadapi laga-laga berikutnya," ujar Kalezic lagi. 

Berjalan Seimbang

Pertandingan itu sendiri berjalan seimbang dengan tempo yang cepat. Tuan rumah unggul lebih dulu saat Guy Junior sukses membobol gawang Persebaya di menit ke-18. 

Hanya Persebaya menolak menyerah. Dimotori Amido Balde, mereka tampil agresif dan menekan lawan. Hasilnya, Irfan Jaya yang sejak awal merepotkan pertahanan Persebaya berhasil mencetak gol menit 41. Sundulannya menyelesaikan umpan matang dari Manuchekhr Dzhalilov. 

Skor 1-1 sempat bertahan sampai akhir babak pertama. Namun Ferdinand yang tampil sebagai pemain pengganti berhasil menghindarkan PSM dari kehilangan poin di kandang sendiri. 

Sundulan eks penyerang Persib Bandung ini yang menyambut umpan M. Rahmat menaklukkan kiper Miswar Saputra di menit 68. Gol yang mengantarkan PSM menang 2-1 atas rivalnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Pria di Makassar Tewas Usai Mabuk dan Perang Batu
Seorang pria di Makassar ditemukan tewas di dekat tempat sampah. Dia diduga meninggal dunia usai mabuk dan perang batu dengan sang kakak.