Fakta dan Identitas Maling yang Ditangkap Warga di Sleman

Warga menangkap maling di Sleman setelah diwarnai aksi kejar-kejaran. Berikut fakta dan identitas pelaku.
Petugas Polsek Mlati saat melakukan pemeriksaan terhadap pelaku pencurian di Sleman. (Foto: Dok Polsek Mlati/Tagar/Evi Nur Afiah).

Sleman - Pelaku pencurian handphone milik karyawan toko baju yang berada di Jalan Kebonagung, Sumberadi, Mlati, Sleman terancam hukuman bui selama 5 tahun.  Penangkapannya diwarnai aksi kejar-kejaran bak film action.

Kapala Satuan Reserese kriminal Polsek Mlati Inspektur Satu (Iptu) Dwi Noor Cahyanto mengungkapkan, pelaku diketahui bernama Kiswanto usia 39 tahun warga asal Klaten, Jawa Tengah.

Pelaku kesehariannya bekerja sebagai buruh harian lepas di Yogyakarta. Faktanya Kiswato ternyata merupakan mantan residivis dengan kasus yang sama pada 2018. Pelaku penah menjalani hukuman di Lemabaga permasyarakatan (LP) Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

“Pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama pada tahun 2018 di Bantul. Sekarang mengulangi lagi mencuri HP di Sleman,” kata Iptu Dwi kepada wartawan saat dikonfirmasi, Minggu, 25 Oktober 2020.

Baca Juga:

Selama di Yogyakarta, pelaku menempati rumah di Dusun Ngabean, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Duda anak satu ini merupakan korban Pemutus Hubungan Kerja (PHK).

Untuk tetap bisa makan, pelaku pun berusaha mencari pekerjaan walaupun sebagai buruh harian lepas dengan bayaran yang tak pasti. Namun penghasilan dari pekerjaannya ternyata tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Pencuri tertangkapPencuri ponsel tertangkap warga kemudian dijemput mobil polisi di Sleman. (Foto: Istimewa/Grup Facebook ICJ)

Berdalih karena desakan ekonomi, membuat pria ini kembali mencuri. “Mencuri karena faktor ekonomi. Karena butuh tambahan uang buat kos, makan dan lain-lain,” ucap Dwi.

Apapun alasanya, di mata hukum perbuatan pelaku tetap salah dan harus dipertanggungjawabkan. Dwi menyebut pelaku terancam tindak Pidana pencurian, sebagaimana di maksud dalam Pasal 362 KUH Pidana maksimal penjara 5 tahun.

Kronologi Pencurian

Pencurian terjadi pada Kamis, 22 Oktober 2020, sekitar pukul 08.50 WIB di Toko Pakaian Jalan Kebonagung Dusun Bedingin, Desa Sumberadi, Kecamatan Mlati, Sleman.

Bermula saat korban Desy Fatmawati, 23 tahun yang merupakan karyawan toko baju memarkirkan sepeda motor dan meletakan HP merk Oppo A1K warna hitam di dalam dashboard kendaraannya. Kala itu, korban berencana membuka toko baju.

Baca Juga:

Ketika korban sedang membersihkan toko, datang pelaku pencurian dengan mengendarai sepeda motor merk Honda Supra dan memarkirkan sepeda motornya di depan Toko tersebut. Pelaku mengaku ingin membeli baju-baju.

Di waktu yang bersamaan, pelaku melihat HP korban di dalam dasboard. Karena mendapatkan kesempatan, muncul niat jahat pelaku untuk mengambil HP korban.

Usai mengambil HP, pelaku langsung pergi dengan sepeda motornya ke arah barat. Korban yang mengetahui HP miliknya dicuri, langsung meneriaki maling-maling. Dua teman korban langsung melakukan pengejaran menangkap pelaku.

Baca Juga:

Lika liku pelarian teduga pelaku terhenti di Dusun Pundong 3, Kelurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dua pengendara motor yang mengejarnya berhasil memepet kendaraan kemudian menabrak pohon.

Pelaku hmpir mendapat 'salam olahraga' dari warga yang geram. Namun aksi main hakim sendiri itu tidak terjadi karena dihalangi emak-emak.

“Malingnya itu nabrak pohon terus jatuh karena sudah dipepet orang-orang yang mengejar. Pas banget di sana banyak ibu-ibu pada momong anak teriak-teriak ojo di pukuli ojo dipukuli, kasihan,” kata Arif Iksa Nur fitri yang merupakan warga setempat []

Berita terkait
Aksi Kocak Maling Ponsel Dikejar-kejar Warga di Sleman
Kejar-kejaran maling ponsel di Sleman menyisakan gelak tawa. Si pencuri sempat terjatuh di lokasi hajatan, tamu pun menolongnya.
Emak-emak di Sleman Selamatkan Maling HP dari Amukan Warga
Maling HP di Mlati, Sleman, beruntung diselamatkan oleh aksi emak-emak dari amukan warga. Kasus pencurian itu kini ditangani polisi.
Penampakan Maling Gasak Rokok di Pasar Caturtunggal Sleman
Seorang pencuri beraksi di Pasar Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Aksinya pada siang hari ini terekam CCTV.
0
APS Surabaya Gelar Demontrasi Protes Sistem PPDB
Sejumlah pelajar SMP di Surabaya yang tergabung dalam Aliansi Pelajar Surabaya (APS) akan menggelar demontrasi memprotes sistem PPDB 2021.