UNTUK INDONESIA
Escobar Fold 1, Ponsel Keluarga Gembong Narkoba
Ponsel pintar Escobar Fold 1 berada di bawah bendera Escobar Inc, perusahaan ini dibentuk oleh Roberto Escobar pada 1984.
Escobar Fol 1. (Foto: Instgagram @logdergisi)

Jakarta - Familiar dengan nama Pablo Escobar? Dia adalah gembong sekaligus pengedar narkoba asal Kolombia. Dia juga sering dijuluki sebagai Raja Kokain lantaran popularitasnya sebagai kriminal narkoba nomor satu pada masanya sekitar tahun 1980-an. 

Pablo Escobar menjadi kriminal terkaya dalam sejarah dan menempatkannya pula menjadi kriminal paling kaya di dunia

Sempat meredup nama Escobar, kini tiba-tiba nama itu kembali muncul tapi bukan dalam dunia kriminal melainkan di dunia teknologi. Masih dalam famili Escobar, kakak Pablo Escobar, Roberto De Jesus Escobar Gaviria (72) merilis ponsel lipat murah meriah bertajuk Escobar Fold 1.

Ponsel pintar Escobar Fold 1 berada di bawah bendera Escobar Inc. perusahaan ini dibentuk oleh Roberto Escobar pada 1984 sebagai perusahaan induk bagi aset dan lindung nilai (hedge fund) untuk keluarga Escobar

Ponsel lipat ini diklaim murah bukan tanpa alasan. Pasalnya, Escobar menjual Escobar Fold 1 dengan harga 350 dolar AS atau sekitar Rp 4,9 juta, jauh lebih murah dibandingkan Galaxy Fold milik Samsung (1.980 dollar AS/ Rp 27,9 juta) dan Mate X keluaran Huawei (2.400 dolar AS/Rp 33.8 juta)

Dibanderol murah bukan berarti murahan, smartphone lipat ini memiliki aspek durabilitas yang tidak main-main.

Tidak seperti Samsung Galaxy Fold yang memiliki masalah dengan daya tahan sejak awal, Escobar mengatakan ponsel miliknya jauh lebih kuat.

Escobar Fold 1Escobar Fold 1. (Foto: Instgagram @logdergisi)

Mau Bersaing dengan Apple

CEO Escobar Inc. Olof Gustafsson mengatakan layar ponsel terbuat dari plastik kokoh yang membuatnya hampir tidak mungkin bisa pecah. Dia juga mengklaim bahwa produk itu memiliki layar telepon paling tahan lama di pasaran.

Meski sama-sama memiliki hak produksi ponsel lipat, pihak Escobar Inc tidak berniat untuk berkompetisi dengan Samsung atau Huawei tapi mereka membidik Apple yang belum memiliki produk ponsel lipat.

Olof mengatakan bahwa produk yang dijual Apple terlalu mahal bahkan tidak masuk akal. Dia menuturkan saat ini produsen smartphone di seluruh dunia hanya mencari untung, bukan inovasi baru setiap harinya.

Oleh sebab itulah, Escobar Inc. mencoba menarik hati pasar dunia dengan menjual smartphone berteknologi baru dengan harga yang murah tapi tidak murahan.

Escobar Fold 1Escobar Fold 1. (Foto: Instgagram @logdergisi)

Spesifikasi 

Pada spesifikasi display-nya, Escobar Fold 1 mengusung layar AMOLED serta dilengkapi dengan mekanisme lipatan ke luar (outward) seperti yang ada pada Huawei Mate X. Ketika ponsel dilipat, layarnya akan menjadi berukuran 7,8 inci dengan resolusi FHD Plus. Ponsel ini menggunakan Android 9.0 Pie.

Dapur pacur ponsel lipat ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 series (Octa-core 2,8 GHz). Tidak lupa Escobar Inc. menyematkan kamera ganda dengan ketajaman masing-masing 16MP dan 20MP lengkap dengan fitur dual SIM yang mendukung seluruh jaringan seluler di seluruh dunia.

Jika masuk pada pasar Indonesia, akankah smartphone lipat dengan latar belakang penciptanya sebagai gembong narkoba akan ramai diburu? []

Revy Putra Andaryanto

Berita terkait
Samsung dan 6 Smartphone Kuasai Pasar Dunia
Posisi pertama yang menduduki penjualan smartphone di dunia adalah Samsung selama kuartal ketiga tahun 2019.
Spesifikasi dan Harga Motorola Razr Generasi Terkini
Motorola merilis kembali ponsel lipat Razr yang dulu pernah berjaya tahun 2004.
Laris Manis, Samsung Galaxy Fold Dijual di 60 Negara
Perangkat smartphone terbaru Samsung Electronics, Galaxy Fold mendapat antusias masyarakat, untuk itu perusahaan akan perluas jangkauan pasar.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.