UNTUK INDONESIA
Erick Thohir Lakukan Penyegaran di Tiga Bank Himbara
Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir berencana melakukan penyegaran tiga bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).
Ilustrasi - Gedung Bank Mandiri. (Foto: Upperline.id)

Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin Erick Thohir berencana melakukan penyegaran tiga bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Agenda perubahan pengurus itu akan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pertengahan Februari 2020.

"Pergantian itu, penyegaran atau refreshing dan menyesuaikan dengan tantangan ke depan dari BUMN tersebut," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa malam, 11 Februari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Penyegaran tersebut, menurut dia tidak hanya terjadi di tiga bank Himbara saja. Sebab, hampir semua BUMN kini mengalami penyegaran yang tujuannya untuk memperkuat perseroan berpelat merah.

"Pergantian itu kalau ada agendanya dijalankan saja sesuai agenda. Itu proses, biasanya kalau pergantian melihat TPA juga," katanya.

BNIBNI. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Tiga bank Himbara yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan menggelar RUPS pada pertengahan Februari tahun ini.

BRI akan menggelar RUPS pada 18 Februari 2020, Bank Mandiriberencana menggelar RUPS pada 19 Februari 2020, dan BNI akan menggelar RUPS pada 20 Februari 2020.

Ketiga RUPS bank Himbara tersebut dalam agenda acara RUPS, salah satunya mengagendakan perubahan susunan pengurus.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN.

Royke adalah orang lama di Bank Mandiri dan bergabung di Mandiri sejak 1999 melalui Bank Dagang Negara (BDN), yang salah satu dari empat bank yang dimerger menjadi Bank Mandiri. Jabatan terakhirnya adalah Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta.

Selain itu Erick juga menunjuk mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) Bank Mandiri. []

Berita terkait
Penyehatan BUMN, Erick Thohir Akan Pangkas Perseroan
Menteri BUMN Erick Thohir berencana menyehatkan perusahaan pelat merah dalam negeri dengan menggabung, melikuidasi atau tetap mempertahankannya.
Jokowi dan Erick Thohir Rencanakan Perampingan BUMN
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah meninjau rencana perampingan pada 142 perseroan pelat merah sejalan dengan arahan Jokowi.
Empat Syarat Jadi Bos BUMN Versi Pengamat
Bongkar pasang pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipelopori Menteri Erick Thohir masih belum berakhir. Apa syarat menjadi bos BUMN?
0
Akibat Penunggu Pasien Tak Jujur di RSUP Sardjito
Akibat penunggu pasien di RSUP Sardjito Yogyakarta tidak jujur, akibatnya 53 tenaga medis harus menjalani tes swab.