UNTUK INDONESIA
Enam Pencari Burung di Tanah Datar Dilaporkan Hilang
Enam orang warga Tanah Datar, Sumatera Barat, dilaporkan hilang saat mencari burung.
Petugas gabungan bersiap melakukan pencarian terhadap enam orang yang dinyatakan hilang Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Dok. Basarnas Padang)

Tanah Datar - Enam orang pencari burung dilaporkan hilang usai mencari burung di Jorong Gunung Bungsu, Nagari Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

dugaan kami mereka tersesat karena lokasi itu masuk ke dalam kawasan hutan Bukit Barisan.

Enam warga X Koto, Kabupaten Tanah Datar itu bernama Fajrul, 27 tahun, Sidi, 30 tahun, Mario, 27 tahun, Pendi, 27 tahun, Habib, 28 tahun, dan Jal, 38 tahun. Mereka diketahui pergi mencari burung sejak 27 Maret 2020, namun tidak kunjung pulang hingga Minggu, 28 Maret 2020.

"Mereka pergi menggunakan mobil dan menitip mobil itu di pekarangan rumah warga, tapi karena tak kunjung kembali, warga melaporkan hal itu ke petugas setempat," kata Kepala Basarnas Padang Asnedi, Rabu, 1 April 2020.

Menurut Asnedi, enam orang yang dilaporkan hilang itu bukan berasal dari satu keluarga. Mereka merupakan berteman dan sama-sama memiliki hobi mencari burung.

"Lokasi hilangnya memang ada sungai, namun mereka tidak hanyut, dugaan kami mereka tersesat karena lokasi itu masuk ke dalam kawasan hutan Bukit Barisan," katanya.

Saat ini Basarnas dibantu bersama BPBD, TNI dan Polri masih melakukan pencarian terhadap warga yang dilaporkan hilang itu. Pencarian akan dilakukan selama tujuh hari berdasarkan standar operasi pencarian.

"Sejauh ini kami belum menemukan kendala berarti. Cuaca cukup bagus dan bersahabat untuk melakukan pencarian," tuturnya. []


Berita terkait
Wanita Tua Tewas Tertimbun Longsor di Tanah Datar
Seorang wanita tua ditemukan tewas tertimbun longsor di Tanah Datar, Sumatera Barat.
Polisi Bubarkan Pesta Pernikahan di Tanah Datar
Polisi membubarkan rencana pesta pernikahan warga di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
Polisi Bubarkan Aktivitas Buru Babi di Tanah Datar
Aktivitas buru babi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dibubarkan polisi.
0
Efek Covid-19, Target PAD Dairi Turun Rp 8,3 Miliar
Dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, merasionalisasi target Pendapatan Asli Daerah.