UNTUK INDONESIA
Enam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia
Merayakan hari natal dan tahun baru memiliki keseruan tersendiri, biasanya setiap negara mempunyai minuman khas untuk merayakannya.
Enam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/central.coffee.oren)

Jakarta - Natal dan tahun baru menjadi momen yang ditunggu bagi sebagian orang di penjuru dunia. Perayaan hari Natal umat Kristiani menjadi pembuka di tanggal 25 Desember, setelah itu ditutup dengan Tahun Baru 2020 pada 1 Januari.

Selain tahun baru, setiap tanggal 25 umat kristiani di seluruh dunia memperingati perayaan Hari Natal. Makanan dan minuman khas tradisional daerah akan menjadi warna tersendiri.

Hidangan menyambut hari kelahiran Yesus Kristus. Tidak hanya makanan, setiap daerah pasti memiliki minuman khas Natal yang enak dan menggugah selera.

Berikut Tagar ulas minuman khas Natal dari berbagai penjuru dunia.

1. Eggnog

EggnogEnam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/ann_eatsgreen)

Eggnog merupakan minuman khas Amerika yang ada sejak abad ke-18, sangat cocok dalam cuaca yang dingin. Populer serta identik dengan Hari Natal yang disajikan ketika perayaan dengan bintang utama Santa Claus itu.

Rasa manis, ditambah remah tradisional membuat minuman ini diburu banyak peminatnya. Berbahan dasar kuning telur dan dicampur dengan beberapa bahan seperti gula, susu, dan tambah nikmat dicampur dengan kayu manis, dan vanili membuat aromanya semakin wangi.

Umumnya, ditambahkan dengan alkohol sesuai selera gunanya untuk menghangatkan tubuh.

2. Coquito

CoquitoEnam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/fabeverydayblog)

Minuman ini berasal dari Puerto Rico, tidak jarang juga disebut Eggnognya Puerto Rico, hanya saja coquito berbahan utama krim. Dibuat menggunakan kuning telur, kayu manis, vanilla, campuran rum putih, susu, dan krim kelapa.

Rasanya yang lebih kuat karena terdapat perpaduan rum ini banyak peminatnya. Cocok untuk menjadi andalan saat tubuh terasa lemas dan membutuhkan asupan energi di tengah musim dingin.

Meskipun bahan yang digunakannya hampir sama semua, minuman ini disajikan dengan keadaan dingin sehingga mampu menyegarkan tenggorokan.

3. Gluhwein

GluhweinEnam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/central.coffee.oren)

Minuman khas Natal ini berasal dari Jerman, yang selalu menjadi favorit. Gluhwein selalu menjadi primadona dibandingkan semua suguhan yang dihidangkan.

Berbahan dasar dari wine, hanya saja disajikan dengan cara unik dan berbeda.  Wine merah dimasak berbarengan dengan rempah, seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dan bunga lawang.

Untuk membuat kekayaan rasanya biasanya kerap ditambahkan dengan irisan buah lemon atau jenis lainnya yang asam. Dari percampuran semua komponen rasa yang ditimbulkan adalah manis, serta hangat ketika mengkonsumsi minuman ini. Sangat cocok ketika cuaca sedang dingin.

4. Wassail

WassailEnam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/obscura_hortus)

Dipercaya menjadi salah satu minuman tertua yang berasal dari Inggris ini selalu disukai banyak orang. Olahan minuman yang berbahan dasar dari buah-buahan ini sudah menjadi suguhan utama saat perayaan Natal datang.

Bahan yang digunakan adalah cuka apel, jeruk, lemon, kayu manis, dan buah pala. Meskipun begitu, minuman ini juga menggunakan minuman alkohol atau bir yang difermentasi dan menciptakan rasa buah.

Uniknya, terdapat resep wassail yang menggunakan tambahan telur kocok agar mendapatkan rasa lembut dan creamy. Tetapi hal ini berbeda-beda tergantung dari daerahnya masing-masing bagaimana memodifikasinya.

5. Bombardino

BombardinoEnam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/kudelka2)

Bombardino merupakan sejenis eggnog dan coquito hanya saja berasal dari Italia. Tidak hanya terkenal dengan pastanya, minuman yang satu ini juga menjadi yang terpopuler.

Terbuat dari telur yang dikocok sampai berbuih dan campuran brandy, biasanya untuk memperkaya rasa ditambahkan krim kocok serta taburan kayu manis bubuk.

Minuman ini sangat cocok disajikan ketika cuaca dingin tiba, serta menjadi hidangan wajib saat memeriahkan perayaan malam Natal di Italia. 

6. Kopi

KopiEnam Minuman Khas Natal dari Penjuru Dunia. (Foto: Instagram/ajieaerial)

Minuman yang satu ini memang sudah tidak asing ditelinga. Hanya saja di beberapa daerah, kopi menjadi minuman khas yang wajib saat perayaan Natal tiba.

Penambahan toping agar lebih cantik biasanya tidak lupa diberi buah cheri, blueberry, bahkan bisa juga dengan krim. Sajian yang berbeda umumnya terjadi ketika perayaan Natal, kopi dicampur dengan krim dan minuman beralkohol agar bisa memperkaya rasanya. []

Berita terkait
Pohon Natal dari Petai Viral di Twitter
Salah satu pusat perbelanjaan memasang dekorasi pohon Natal terbuat dari petai. Pohon Natal ini menjadi sorotan lantaran unik dan viral di Twitter.
Tous Les Jours Pamer Kue Natal dan Tahun Baru
Membantah isu yang menyebar soal Tous Les Jours tak terima pesanan kue ucapan selamat Hari Natal dan Tahun baru, TLJ pamer empat produk andalan.
Berkat Natal, Perajin Relief Jepara Kebanjiran Order
Natal membawa berkat bagi perajin kayu di Jepara, Jawa Tengah. Omzet kerajinan ukir relief bertema Natal meningkat.
0
Rupanya Minuman Bandrek Mampu Mencegah Virus Corona
Dokter spesialis penyakit dalam, dr Suherdy mengatakan minuman bandrek mampu mencegah virus corona.