UNTUK INDONESIA
Enam Kue Khas Jawa Timur untuk Hidangan Lebaran
Jawa Timur memiliki hidangan khas untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H, kue kering salah satunya.
Kue Nastar. (Foto: Instagram/zahrah.ateerah)

Jakarta - Jawa Timur memiliki hidangan khas untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Kue yang disajikan umumnya adalah kue kering untuk menemani seseorang untuk dimakan sambil bercengkerama dengan kerabat.

Berikut ini ada enam kue kering yang umumnya menjadi favorit di atas meja karena dicari-cari setiap tahunnya.

1. Kastengel

Kue KastengelKue Kastengel. (Foto: Instagram/cakebyagnes)

Kastengel merupakan salah satu kue kering yang paling populer saat Lebaran. Kue ini terbuat dari keju gurih dengan tambahan toppong keju parut yang berlimpah. Sehingga kelezatan kue ini tak bisa dipungkiri lagi untuk dinikmati sambil ngobrol santai.

2. Kue Kacang

Kue KacangKue Kacang. (Foto: Instagram/resep_makanan_spesial)

Bagi pecinta kue kering dengan sensasi gurihnya rasa kacang maka ini merupakan salah satu pilihan. Rasa kue yang tidak terlalu manis membuat para penikmatnya akan merasakan ketagihan untuk memakannya. Kelezatannya didapat dari gurih dan krispinya kacang berpadu dengan adonan kue manis. Kue ini biasanya punya ukuran lebih besar dan tebal dibanding kue kering lainnya.

3. Kue Sagu

Kue SaguKue Sagu. (foto: Instagram/ms.rinadedik)

Kue ini berbahan dasar tepung sagu sehingga menjadikan beda dengan kue yang umumnya berbahan dasar tepung terigu. Penggunaan tepung sagu tersebut membuat rasa, tekstur, dan aromanya sangat khas. Teksturnya renyah ketika digigit namun seketika lumer di mulut.

4. Nastar

Kue NastarKue Nastar. (Foto: Instagram/zahrah.ateerah)

Kue Nastar merupakan kue yang sudah umum di telinga masyarakat Indonesia yang hampir setiap tahunnya dihidangkan setiap lebaran. Nilai istimewa dari nastar yakni selai nanas asam dan manis di dalamnya. Dalam setiap gigitannya akan mendapatkan sensasi tekstur kue yang lembut berpadu dengan selai legit membuat orang tidak ingin berhenti untuk melahapnya.

5. Semprit

Kue SempritKue Semprit. (Foto: Instagram/netikomeri75)

Kue Semprit memiliki bentuk yang cukup bcantik dan unik dengan hiasan seperti bunga yang merekah di tengahnya. Terlebih ketika ditambah dengan choco chip aneka warna di bagian tengah yang menjadikan tampilannya telihat menarik. Pembuat biasanya bisa menambahkan choso chip dengan dibubuhi selai nanas atau semacamnya.

6. Putri Salju

Kue Putri SaljuKue Putri Salju. (Foto: Instagram/tyasprabowo)

Dinamakan putri salju karena kue yang telah matang akan dibubuhi gula halus yang seolah mirip salju. Kue kering manis yang umumnya dicetak berbentuk bulan sabit ini memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kue.  Gula halus yang dingin seketika akan pecah di mulut, berpadu dengan kuenya yang empuk. []

Berita terkait
Foto: Produksi Kue Kering Meningkat Jelang Lebaran
Kue kering skala rumahan seperti kue Nastar, Putri Salju dan Kastengel yang dijual seharga Rp35.000 hingga Rp65.000 per toples.
Usaha Kue Kering Banjir Pesanan Jelang Lebaran
Beberapa usaha kue kering rumahan mulai kebanjiran pesanan menjelang Lebaran.
Panen Rezeki Kue Lebaran dan Busana Muslim
Panen rezeki kue Lebaran dan busana muslim bagi yang jeli dan memiliki semangat wirausaha tinggi.
0
Enam Kue Khas Jawa Timur untuk Hidangan Lebaran
Jawa Timur memiliki hidangan khas untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H, kue kering salah satunya.