UNTUK INDONESIA
Enam Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah
Banyak cara yang dapat mengatasi persoalan pori-pori di wajah. Berikut ulasannya.
Jeruk Nipis. (Foto: Pixabay/RitaE)

Jakarta - Pori-pori di wajah pasti akan menjadi masalah besar bagi kaum hawa. Sebab, hal itu bisa menurunkan kepercayaan diri dan memengaruhi penampilan perempuan setiap harinya. 

Tak perlu khawatir dengan adanya permasalahan tersebut, karena masih dapat diatasi dengan cara yang alami dan sehat. 

Berikut Tagar rangkumkan tips memperkecil pori-pori wajah dengan alami. 

1. Jeruk Nipis

Jeruk NipisJeruk Nipis. (Foto: Pixabay/RitaE)

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa membantu mengusir persoalan jerawat, mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati, hingga mengatasi minyak berlebihan. 

Dengan khasiat yang diberikan dari buah tersebut, jeruk nipis dipercaya juga bisa mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan tidak berisiko. Caranya dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis ke wajah dan diamkan selama 15 menit . Kemudian, bilaslah wajah dengan air bersih/hangat. 

2. Es Batu

Es BatuEs Batu. (Foto: alodokter.com)

Es Batu juga bisa dimanfaatkan untuk memperkecil pori-pori wajah. Langkah ini yang paling sederhana dan mudah dilakukan karena untuk mengaplikasikannya juga tidak sulit. 

Caranya sangat mudah, yaitu cukup sediakan es batu dan bungkuslah dengan sapu tangan, handuk wajah, atau kain sejenisnya. Kemudian, oleskan pada wajah, serta diamkan selama 15 menit. 

3. Madu

MaduEmpat Makanan Wajib Saat Perut Kosong. (Foto motherandbaby)

Madu juga salah satu cara paling ampuh mengatasi persoalan wajah karena fungsinya sebagai pelembab alami yang dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Sebab, madu mengandung antioksidan yang bisa memecahkan segala masalah tersebut, termasuk memperkecil pori-pori wajah. 

Caranya, cukup sediakan satu sendok makan madu dan oleskan ke wajah. Lalu, tunggu selama 30 menit. Selanjutnya, bilaslah dengan air bersih. 

4. Air Rendaman Beras

Air Rendaman BerasAir Rendaman Beras. (Foto: www.honestdocs.id)

Meski kedengarannya aneh, tetapi siapa sangka kalau air rendaman beras dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sebab, beras mengandung asam ferullic dan allantoin yang bisa melindungi kulit dari segala permasalahan di wajah. 

Caranya tidak sulit, yaitu rendamlah beras dalam wadah. Lalu, biarkan beras tersebut hingga mengendap. Kemudian, endapan air beras itu bisa dijadikan masker wajah alami.

5. Lidah Buaya

Lidah BuayaLidah Buaya untuk mengatasi mata panda. (Foto: pixabay)

Lidah buaya memang memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan hingga kecantikan. Tak bisa dipungkiri, khasiatnya bisa mencerahkan kulit, menyegarkan wajah hingga mengecilkan pori-pori. 

Langkah pertama, iris lidah buaya menjadi dua bagian, lalu usapkan bagian yang berlendir secara merata pada wajah. Kemudian, diamkan kira-kira selama 15 hingga 20 menit. Setelah kering, bilaslah dengan air hangat. 

6. Pisang

PisangKulit Buah Pisang. (Foto: Pixabay/stevepb)

Pisang memang sangat efektif dalam memutihkan wajah secara alami, karena buah tersebut banyak mengandung vitamin C. 

Pisang juga memiliki khasiat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya sangat sederhana, yaitu kupaslah satu pisang dan haluskan. Kemudian, tambahkan satu sendok makan madu, campur hingga merata. Selanjutnya, oleskan ke wajah, serta diamkan beberapa saat saja. Lalu, bilas wajah dengan air bersih. []

Baca juga:

Berita terkait
10 Efek Wajah Sempurna Berkat Kosmetik Palsu
Cara instan selalu menjadi pilihan termudah mendapatkan wajah sempurna, salah-salah yah menggunakan kosmetik palsu atau kw.
Di Balik Wajah Ayu dan Tubuh Ramping Wulan Guritno
Artis Wulan Guritno mempunyai cara tersendiri untuk tetap menjaga kecantikan dan kesehatan tubuhnya.
Tips Merawat Wajah Biar Cantik Seperti Siwi Sidi
Siwi Sidi pramugari Garuda Indonesia memiliki trik merawat wajah agar selalu terlihat cantik.
0
Pandemi, Kredit Bank Jatim ke UMKM Naik 12,24 Persen
Bank Jatim mencatat pertumbuhan penyaluran kredit untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar 12,24 persen menjadi Rp 6,46 triliun.