UNTUK INDONESIA
Hindari Merokok dan Lima Cara Cegah Kerutan Wajah
Kerutan atau keriput di wajah menjadi persoalan bagi kebanyakan orang, jangan khawatir berikut cara pencegahannya.
Wajah Keriput. (Foto: pixabay)

Jakarta - Kerutan atau keriput di wajah sudah menjadi keluhan setiap orang. Apalagi adanya masalah tersebut berdampak pada penampilan, terutama jika hal ini dialami oleh perempuan. 

Jangan khawatir, masih ada cara yang mudah untuk mengatasi persoalan tersebut. Berikut Tagar akan merangkum sejumlah cara pencegahan kerutan wajah. 

1. Hindari Stres

Jika sudah mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon penuaan yang disebut kortisol ke dalam darah. Jangan biarkan stres terus menerus menghantui Anda agar kerutan bisa diatasi. 

Namun, bila sudah mengalami stres kronis segeralah menjalankan beberapa hal positif seperti olahraga Yoga, menyanyi, meditasi, menulis jurnal, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal menarik lainnya yang tidak akan meningkatkan kondisi stres semakin parah. 

2. Biasakan Hidup Sehat

Mulailah hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air mineral, dan istirahat yang secukupnya. Dengan langkah seperti ini, pasti keriput di wajah bisa dicegah. 

Tips lainnya yaitu memperbanyak makan buah dan sayuran, serta konsumsi ikan mengandung lemak asam omega-3 yang tinggi, seperti tuna, mackerel. 

Makanan sejenis ikan ini memiliki manfaat mengatasi penuaan karena kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan kerutan. 

3. Hindari Rokok

Dengan hindari merokok, tentu akan mencegah atau mengatasi keriput. Sebab, rokok dapat mengurangi nutrisi hingga oksigen, serta meningkatkan jumlah radikal bebas dalam sel tubuh.

Jumlah dan lamanya Anda merokok bisa mempengaruhi kerutan. Hal itulah yang bisa menjadi faktor penyebab utama terjadinya penuaan di kulit. 

4. Olahraga Teratur

Bukan hanya baik untuk kesehatan saja, namun dengan olahraga teratur bisa mengatasi kerutan atau keriput. Sebaiknya lakukanlah olahraga kardiovaskular yang berguna untuk jantung dan kesehatan kulit. 

Dengan rutin berolahraga, pasti kulit Anda akan mendapatkan nutrisi dan oksigen secara maksimal. Jika hal tersebut terpenuhi, tentu masalah kerutan akan teratasi. 

5. Hindari Paparan Polusi dan Matahari

Polusi udara seperti asap kendaraan dan sejenisnya bisa mempengaruhi kerutan dini. Bahkan, hindari juga berjemur di bawah sinar matahari (tanning) karena akan memperburuk kondisi kulit. 

Hindari juga paparan sinar matahari yang berlebihan. Sebab, hal tersebut akan menyebabkan keriput dan penuaan. Untuk mengatasi itu, cobalah memakai pakaian warna putih atau terang, dan kenakan topi saat berada di luar ruangan. 

6. Hindari Menggosok Wajah Terlalu Kencang

Hindari hal tersebut, jika tidak ingin terjadi kerutan di wajah. Ketika membersihkan dan mengeringkan wajah, seseorang itu biasanya akan menggosokan wajahnya dengan kencang, baik dengan handuk, tangan, atau kapas.  

Dengan tanpa disadari, tentu itu membuat kulit wajah akan cepat kendur dan mudah timbul kerutan. Jadi, ketika sedang membersihkan muka jangan menggosoknya dengan kencang. Cukuplah gosok secara perlahan ke arah atas dan jangan ke arah bawah supaya tidak membuat wajah cepat kendur. 

Jika ingin mengeringkan wajah, cukuplah dengan cara ditepuk-tepuk dengan lembut dan pastikan handuk yang dikenakan itu lembut dan tidak kasar. []

Baca juga:

Berita terkait
10 Efek Wajah Sempurna Berkat Kosmetik Palsu
Cara instan selalu menjadi pilihan termudah mendapatkan wajah sempurna, salah-salah yah menggunakan kosmetik palsu atau kw.
Tips Kecantikan dan Tubuh Ideal Ala Kiki Fatmala
Berikut Tagar rangkumkan tips menjaga kecantikan dan bentuk tubuh ideal ala Kiki Fatmala.
Menakjubkan, 9 Manfaat Garam untuk Mempercantik Diri
Garam memiliki banyak manfaatnya, tak terkecuali meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Berikut khasiat garam untuk kecantikan.
0
Bupati Tapteng Bantah Terlibat Penculikan Warganya
Bupati Tapanuli Tengah angkat bicara menanggapi tudingan dirinya terlibat penculikan Ametro Adeputra Pandiangan.