UNTUK INDONESIA
10 Efek Wajah Sempurna Berkat Kosmetik Palsu
Cara instan selalu menjadi pilihan termudah mendapatkan wajah sempurna, salah-salah yah menggunakan kosmetik palsu atau kw.
10 Efek Wajah Sempurna Berkat Kosmetik Palsu. (Foto: superdrug)

Jakarta - Membuat wajah tampak sempurna dengan menggunakan makeup atau kosmetik banyak dilakukan beberapa kalangan, khususnya kaum wanita.

Dampaknya mulai yang paling ringan yaitu alergi, sesak nafas yang memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

Namun, jika tidak memerhatikan apa yang dipakai untuk tampil cantik ini bisa berbahaya bagi kesehatan terutama kulit.

Presiden Direktur dan CEO PT Mustika Ratu Putri Kuswisnuwardhani mengatakan penggunaan kosmetik ilegal import dan palsu sangat berbahaya dan berpotensi merusak kesehatan tubuh.

"Dampaknya mulai yang paling ringan yaitu alergi, sesak nafas yang memerlukan perawatan intensif di rumah sakit, sampai dengan mengidap kanker dalam jangka panjang pemakaian," ucapnya kepada Tagar, Selasa, 24 Desember 2019.

Walaupun bisa membuat wajah menjadi lebih anggun dalam waktu sementara, tidak sedikit wanita yang germar belanja kosmetik tanpa mencari tahu dahulu tentang produk tersebut.

Potensi tersebut yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk membuat kosmetik atau makeup palsu.

Tidak berhenti disitu, guna menarik lebih besar lagi minat masyarakat, produsen ilegal kerap membandrol harga yang jauh lebih murah dari yang aslinya.

Wanita yang tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini juga mengingatkan, konsumen yang memiliki keinginan untuk tampil cantik bisa beresiko tinggi, apabila tidak cerdas memilih kosmetik.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa dampak buruk bagi kulit jika memakai kosmetik palsu atau KW.

1. Mengandung bakteri

Kosmetik atau makeup palsu dibuat dalam kondisi dan standar yang berbeda dari alat kecantikan original tentunya. Barang-barang itu kerap kali diproduksi dengan kontrol kualitas yang sangat minim.

Tentu hal ini cukup membahayakan bagi para konsumen yang tidak tahu proses pengolahannya. Bakteri tidak hanya berasal dari kotoran yang ada di ruangan produksi, melainkan dari kebersihan tangan pembuatnya.

2. Kandungan Timbal

Menurut Daily Mail, beberapa kosmetik atau makeup palsu mengandung 19 kali batas legal timah hitam atau timbal yang ada dalam kandungannya. Apabila menumpuk pada tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan keracunan timbal.

Efek samping yang akan ditimbulkan, seperti nyeri sendi dan otot, hilangnya ingatan, dan sakit kepala. Terlebih jika wanita hamil yang menggunakan produk kosmetik atau makeup palsu bisa berpotensi keguguran atau kelahiran prematur.

3. Terdapat Kandungan Arsenik

Arsenik merupakan unsur beracun yang dapat menyebabkan sakit perut, hingga kematian bagi penggunaannya. Menyeramkannya lagi, hampir semua produk kecantikan mengandung arsenik di dalamnya.

4. Mengandung Bakteri E.Coli

Produk kosmetik palsu atau KW memang pada umumnya mengandung jumlah bakteri yang berbahaya. Salah satu bakteri yang tedapat pada produk kecantikan palsu yaitu bakteri Escherichia atau E.Coli. Dapat menyebabkan diare parah, anemia, gagal ginjal, serta infeksi saluran kemih.

5. Mengandung Merkuri

Penggunaan kosmetik atau makeup palsu yang mengandung merkuri dapat menyebabkan ruam kulit, otot melemag, sakit kepala, dan insomnia.

Lebih parah lagi merkuri yang terkandung dalam produk kecantikan dapat membahayakan kesehatan, seperti jantung, merusak sistem kekebalan tubuh, ginjal, paru-paru, otak.

6. Mengandung Alumunium

Beberapa produk kecantikan palsu mengandung alumunium yang tinggi tidak baik untuk kesehatan. Terlebih jika terus menggunakan kosmetik atau makeup palsu bisa menyebabkan penyakit tulang, hilang ingatan, demensia, kelelahan, dan lain-lain.

7. Iritasi Kulit

Pemakaian kosmetik atau makeup palsu sudah jelas dapat membuat kulit menjadi iritasi. Umumnya terdapat gejala-gejala seperti kulit memerah, perih, kering dan mengelupas, gatal, sensasi panas seperti terbakar, bahkan bisa mengalami pembengkakan.

Iritasi ini disebabkan oleh semua jenis makeup yang dipakai di wajah atau mata. Lebih parah lagi dampaknya bisa membuat bola mata memerah dan meradang.

8. Breakout

Munculnya jerawat setelah mendapatkan suatu perawatan atau penggunaan produk tertentu yang tidak cocok dengan kandungan yang ada didalamnya ini yang dinamakan breakout.

Beberapa produk memang mengklaim adanya proses purging atau detoksifikasi kulit, yang ditandai dengan munculnya jerawat, kulit menjadi kering, bahkan malah menjadi sangat berminyak.

Ketika mencoba produk perawatan kulit yang mempunyai kemampuan mempercepat regenerasi kulit, akan muncul jerawat di beberapa daerah dan jumlahnya akan semakin banyak.

9. Ruam Kulit

Hampir semua produk kecantikan palsu mengandung bahan kimia dan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penggunanya mengalami ruam kulit.

Karena kosmetik atau makeup palsu memiliki kandungan timbal, berilium, bakteri yang cukup tinggi.

10. Infeksi Mata

Para pengguna kosmetik atau makeup palsu kerap mengalami sakit pada mata. Karena kandungan berbahaya yang dimiliki pada produk ini.

Efek buruk yang ditimbulkan biasanya pembengkakan pada kelopak mata serta pandangan yang menjadi buram. []

Berita terkait
Pisang Kesukaan Vanessa Angel Rawat Kecantikan
Pisang menjadi rahasia Vanessa Angel menjaga kecantikan kulit secara alami.
Tips Tampil Cantik Alami Tanpa Polesan Kosmetik
Tampil cantik alami idaman semua perempuan Indonesia, bagaimana caranya, Tagar akan berikan ulasannya.
Alpukat Rahasia Kulit Cantik Victoria Beckham
Victoria Beckham membongkar rahasia kecantikan kulit bersinar dan berseri, berikut ulasannya.
0
Tolak Gereja di Semarang, Warga: Bukan Intoleransi
Warga Tlogosari Kulon tidak sepakat penolakan pembangunan gereja sebagai bentuk intoleransi. Lantas apa yang disoal?