Untuk Indonesia
Empat Podcast Indonesia Terbaik, Mampu Gantikan Radio?
Digadang-gadang bakal mampu menggantikan dominasi radio, Podcast begitu berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.
Radio zaman old (Foto: Rio Antony)

Jakarta - Digadang-gadang bakal menggantikan siaran radio berbasis Frequency Modulation atau FM, tren mendengarkan Podcast berkembang cepat di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Dalam pengertiannya, Podcast sendiri merupakan siaran audio on demand, yang berarti para pendengar bisa sesuka hati mendengarkan konten berbasis audio kapan pun dan di mana pun, tidak seperti siaran radio konvensional yang harus di dengarkan pada saat bersamaan konten itu disiarkan atau real time.

Berikut kami rangkumkan empat konten Podcast Indonesia terbaik versi Tagar, yang bisa didengarkan melalui berbagai perangkat layanan streaming audio.

Podcast Awal Minggu(Gambar: Podcast Awal Minggu)

1. Podcast Awal Minggu

Kerap dijuluki Bapak Podcast Indonesia, komedian tunggal Adriano Qalbi menjadi salah seorang pelopor berkembangnya podcast di Indonesia.

Podcast Awal Minggu merupakan konten audio berformat monolog, di mana penyiar membagikan perspektif dan opini pribadi, mengenai situasi atau isu terkini yang tengah berkembang di Indonesia, khususnya Jakarta.

Selain itu, PAM, singkatan konten tersebut, juga memiliki episode dengan tamu. Dalam sesi itu, Adriano bakal berbincang dan berbagi pemikiran dengan tamu-tamu lintas karya dan lintas generasi, di antaranya Raditya Dika, Chicco Jerikho, Budi Dalton dan lain-lain.

Meski bukan yang paling pertama di Indonesia, Podcast Awal Minggu milik Adri kerap dijadikan acuan bagi para podcaster baru yang hendak memproduksi konten-konten serupa.

Amwave by Amvibe(Gambar: Amwave by Amvibe)

2. Amwave by Amvibe

Perbincangan mengenai budaya pop dalam dan luar negeri, kultur musik keras, hypebeast, hobi aneh atau unik, hingga pembahasan mengenai Unidentified Flying Object alias UFO, merupakan beberapa contoh konten yang ada di Amwave by Amvibe.

Baca juga: Video: Aksi YouTuber Bergulat di Lampu Merah

Pernah dipandu secara acak oleh Bobby Mandela, Raja Panggabean dan Rian Pelor, Amwave by Amvibe mengundang sederet nama paling kompeten sesuai pembahasannya dalam tiap episode, seperti misalnya, komunitas BETA UFO, Arian 13, Jrx SID, Hasief Ardiansyah hingga Patresia Kirnandita.

Podcast Boker(Gambar: Podcast Boker)

3. Podcast Boker

Jika kamu mencari konten berisi pembahasan dengan topik ringan yang diulas sambil guyon dan cekikikan, maka Podcast Boker adalah jawabannya.

Berisi ocehan dua penyiar radio profesional, Rio Wicaksono dan Bobby Mandela, konten ini akan mengajak kamu menelusur pengetahuan keduanya mengenai apa yang pernah dan sedang terjadi di Jakarta Selatan, sebuah wilayah yang kerap dianggap pusat peradaban oleh anak-anak hipster se-Jakarta.

Dalam episode tertentu, Podcast Boker juga memboyong tamu-tamu istimewa untuk diajak berbagi pengalaman, termasuk Iga Massardi dan Manohara Odelia Pinot. Belakangan, Molen Kasetra yang merupakan sahabat Rio dan Bobby, turut memperkuat konten berbasis suara ini.

Unfaedah Podcast by Lawless(Gambar: Unfaedah Podcast by Lawless)

4. Unfaedah Podcast by Lawless

Unfaedah Podcast berisi pembahasan minor khas tongkrongan yang penuh dengan semangat bersenang-senang. Topik yang diulas mulai dari soal penting dan tidak pentingnya pernikahan, hingga tips membangun motor Harley Chopper dengan anggaran di bawah Rp 30 juta yang begitu menyebalkan jika didengarkan.

Konten dipandu oleh rombongan anak muda usil pemilik kerajaan bisnis Lawless. Yakni, Gofar Hilman, Arian Arifin, Sammy Bramantyo, Ucup dan Tony. []


Berita terkait
Radio Komunitas, Bantu Atasi Persoalan Sosial
Lembaga penyiaran komunitas, termasuk radio komunitas menjadi media yang masih cukup efektif untuk mengakomodir kebutuhan sebuah komunitas.
Spotify Salip iTunes Sebagai Raja Streaming Musik
Setelah 13 tahun di layanan streaming musik, akhirnya Spotify jadi pemutar musik digital terbesar dengan laba Rp 1,48 triliun.
Sekarang Acara Populer Ini Bisa Streaming di Twitter
Walt Disney Co akan membuat konten dalam berbagai topik yang khusus disiapkan untuk jejaring sosial Twitter Inc demi menarik penonton.
0
5 Pesona Pulau Moyo NTB, Pernah Dikunjungi Lady Diana
Pulau Moyo yang berada di NTB memiliki banyak wisata menarik, Lady Diana pernah mengunjungi wisata disana, yaitu Air Terjun Mata Jitu.