UNTUK INDONESIA
BMW Rilis Mobil Tolak Bala Baru, Tahan Bom dan Tembakan
Produsen otomotif asal Jerman, BMW, merilis mobil dengan sistem tolak bala mutakhir. Dengan spesifikasi keamanan tahan bom dan tembakan,
BMW rilis mobil SUV terbaru berkeamanan tinggi, X5 VR6. (Foto: BMW)

Jakarta - Produsen otomotif asal Jerman, BMW, merilis mobil Sport Utility Vechicle terbarunya, X5. Menariknya, BMW merilis X5 tersebut dengan sistem tolak bala mutakhir. Dengan spesifikasi keamanan tahan bom dan tembakan, mobil ini diberi nama BMW X5 VR6.

Dilansir dari Car advice, BMW X5 VR6 terbaru ini dibekali dengan bodi lapis baja dan diklaim aman untuk ancaman terorisme. Berikut Tagar rangkum spesifikasinya.

Eksterior

Bodi BMW X5 VR6 menggunakan lapisan baja yang tahan terhadap tembakan senjata api dan ledakan bom. Tidak hanya pada bagian panel bodi, kaca BMW X5 VR6 ini dibuat dengan spesifikasi ketebalan 33 milimeter dan pelapis baja. 

Lapisan kaca mobil tersebut diklaim mampu menahan tembakan pistol dan beragam senjata laras panjang lain seperti AK-47. Tidak hanya itu, lapisan kaca pada BMW X5 ini diklaim tidak akan pecah walau sudah diledakkan dengan bom dan diberondol tembakan senjata api.

Hal ini dibuat sedemikian rupa agar menghindari penumpang maupun pengendara di dalam tidak terluka akibat pecahan kaca mobil. Pada bagian panel bagasi BMW X5 VR6 ini juga dilapisi dengan baja yang mampu menahan ledakan TNT seberat 15 kilogram.

Di sisi bagian bawah, BMW X5 VR6 ini diproduksi dengan lapisan baja yang mampu menahan mobil dari ledakan granat tangan. BMW mengklaim bagian bawah X5 VR6 tidak akan hancur meski diledakkan dengan granat tangan tipe DM51 dan bom C4 seberat 400 gram. BMW juga dapat memproduksi lapisan bawah X5 VR6 yang mampu menahan granat tipe HG85 sebagai fitur opsional.

Spesifikasi keamanan ini kemudian mendapatkan sertifikat VR6 dari Asosiasi Lembaga Pengujian Bahan Konstruksi Tahan Serangan Jerman (VPAM).

BMW X5 VR6Bagian eksterior BMW X5 VR6. (Foto: BMW)

Interior

BMW membuat interior X5 VR6 sama dengan basisnya, BMW X5. Sejumlah fitur seperti layar multimedia, jok kulit, sistem navigasi, stir lapis kulit, paddle shift, dan perangkat kenyamanan elektronik sudah menjadi standar.

BMW X5 VR6Bagian interior BMW X5 VR6. (Foto: BMW)

Mesin

BMW mengembangkan sejumlah mesin khusus untuk X5 VR6. BMW sengaja menjual X5 VR6 dengan beberapa pilihan mesin sebagai opsional sesuai keinginan konsumen. Untuk pilihan standar, BMW menjual X5 VR6 dengan mesin bensin 4.400 cc Twin Turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 523 tenaga kuda dan torsi sebesar 750 newton meter. 

Mesin tersebut menyalurkan tenaganya ke 4 roda (all wheel drive) dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Selain itu, sejumlah fitur keamanan seperti hill start assist, airbag, dan sistem anti terbalik sudah menjadi standar di kendaraan ini.

Mesin ini mampu melesatkan BMW X5 VR6 dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 5.9 detik dengan kecepatan maksimal dibatasi sampai 210 kilometer per jam.

BMW X5 VR6Mesin BMW X5 VR6. (Foto: Wikipedia)

Berita terkait
Peluncuran All-New BMW 520i
Peluncuran All-new BMW 520i Luxury Line di Jakarta, Kamis (18/1). Sedan yang dirakit di Indonesia ini dibanderol dengan harga Rp 1.009.000.000.
Mercy atau BMW Bakal Jadi Mobil Kepresidenan Jokowi?
Pemerintah berencana meremajakan mobil kepresidenan RI satu yang saat ini telah berusia 12 tahun.
Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Baru Jokowi Antipeluru
Mercedes-Benz S600 Guard ini menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.
0
Antrean SKCK di Tegal Sampai Dua Hari
Dibukanya formasi CPNS di Tegal membuat jumlah pemohon SKCK meningkat. Antrean pelayanan sampai dua hari.