UNTUK INDONESIA
Empat Cara Mengecek Gejala Awal Strok
Strok merupakan gejala mematikan yang dapat mengakibatkan seseorang kehilangan fungsi otak Ada empat cara mengecek gejala wal strok.
Ilustrasi strok. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Strok merupakan gejala mematikan yang dapat mengakibatkan seseorang kehilangan fungsi otak. Gangguan suplai darah ke otak ini dapat terjadi karena berkurangnya aliran darah yang disebabkan penyumbatan, atau adanya pendarahan. 

Data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menyebutka strok menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak diidap orang Indonesia.

Gejala awal strok sangat sulit dideteksi dan acapkali diabaikan. Sebab itu, Anda perlu melakukan deteksi dini sejumlah fungsi organ. Dalam dunia kedokteran, deteksi gejala strok dikenal dengan istilah FAST, yang terdiri dari Face (wajah), Arms (tangan), Speech (mulut/berbicara), dan Time (waktu).

1. Face

Jika Anda merasa curiga sudah mengalami gejala awal strok, cobalah meminta bantuan orang lain untuk memerhatikan cara Anda tersenyum. Jika ekspresi senyum Anda tidak singkron atau simetris antara sisi wajah kiri dan kanan, bisa jadi Anda mengalami strok.

2. Arms

Tangan (arms) menjadi salah satu bagian dari tubuh yang bisa terserang strok. Jika Anda tidak mampu mengangkat salah satu atau kedua tangan, bisa jadi Anda terkena gejala strok. Selain tidak mampu mengangkat tangan, ketidakmampuan mengepal tangan juga termasuk gejala strok.

3. Speech 

Kemampuan berbicara dan memahami lisan orang lain (speech) juga termasuk gejala strok. Pengidap gejala strok dari segi lisan dapat diketahui dari ketidakmampuan berbicara secara benar, meracau, dan tidak mampu memahami perkataan orang lain.

4. Time

Maksud dari waktu (time) tersebut adalah upaya dari orang-orang sekitar untuk membantu seorang yang telah mengidap gejala-gejala strok di atas dengan mencatat seluruh rekam gejala yang telah dialami sebelumnya. 

Jangan lupa jika stroke merupakan penyakit yang berbahaya dan berisiko mengakibatkan kematian. Segera bawa orang terdekat Anda jika mengalami gejala-gejala di atas.

Berita terkait
Tidur Delapan Jam Bisa Cegah Stroke
Tidur selama delapan jam mendatangkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja?
Usia 20 Tahun Bisa Terserang Stroke, Ini Ciri-ciri Fisik Penyakit Stroke
Usia 20 tahun bisa terserang stroke. Berikut ini ciri-ciri fisik penyakit stroke.
Bell's Palsy, Penyakit Lumpuh Wajah Seperti Stroke
Bell's Palsy adalah suatu penyakit yang menyerang saraf wajah. Sehingga otot-otot wajah lumpuh. Wajah jadi tidak simetris.
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.