Eks FPI Terlibat Terorisme Disebar, Munarman: Pengalihan Isu Laskar

Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menilai ada pengalihan isu penyebaran 37 teroris eks FPI untuk konter isu pembantaian laskar.
Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menilai ada pengalihan isu penyebaran 37 teroris eks FPI untuk konter isu pembantaian laskar. (foto: Tagar/istimewa).

Jakarta - Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman nampak tidak mau menanggapi serius ucapan Anggota Satgas Antiteror Polri Irjen (Purn) Benny Mamoto terkait 37 mantan anggota FPI sempat terlibat aksi terorisme di seluruh Indonesia.

Munarman berujar, 37 orang terkait terorisme yang disebutkan Benny Mamoto dipastikan sudah mendapat vonis hukuman oleh pengadilan dan tidak semuanya anggota FPI.

Itu bentuk dari spiral kekerasan terhadap FPI dengan melakukan labeling.

Dia menilai, catatan eks anggota FPI yang sempat terlibat dalam aksi terorisme sengaja disebar sebagai bentuk pengalihan isu untuk mengonter pemberitaan mengenai tewasnya enam laskar FPI yang saat ini kasusnya tengah didalami Komnas HAM.

Baca juga: 23 Tersangka Teroris di Jakarta Tidak Berkaitan dengan FPI

“Itu hanya pengalihan isu dari peristiwa pembantaian dan gross violation of human rights,” ucapnya kepada wartawan dikutip Tagar, Jumat, 18 Desember 2020.

Munarman pun berpendapat, penyebaran nama 37 anggota FPI yang disebut-sebut terlibat jaringan teroris bisa menjadi bentuk kekerasan spiral, kian menyudutkan ormas pimpinan Habib Rizieq Shihab itu agar kian dipandang negatif oleh masyarakat.

“Itu bentuk dari spiral kekerasan terhadap FPI dengan melakukan labeling. Jadi kejahatan aparatur negara ini berulang dan berlanjut demi tujuan menjustifikasi brutalitas aparat mereka,” ujar dia lagi.

Baca juga:  Munarman Minta Polisi Jangan Bodohi Rakyat dengan Drama Garing

Sebelumnya, beredar di kalangan wartawan daftar 37 nama teroris yang memiliki latar belakang anggota FPI. Beberapa nama di antaranya Chandra Jaya alias Abu Yasin, Maryanto alias Themeng, Arif Hidayatullah alias Abu Musab dan Hasan alias Bang Toyib.

Anggota Satgas Antiteror Polri Irjen (Purn) Benny Mamoto mengatakan 23 terduga teroris yang dibawa ke Jakarta pada Rabu, 16 Desember 2020, tidak termasuk 37 nama teroris yang memiliki latar belakang sebagai anggota FPI.

"Bukan. Itu (37 teroris) kasus lama yang sudah divonis," kata Benny saat dihubungi wartawan di Jakarta, dikutip Tagar, Kamis, 17 Desember 2020. []

Berita terkait
Pesan Habib Rizieq ke Munarman: Bongkar Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI
Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyampaikan pesan kepada Munarman, tewasnya 6 laskar usut tuntas hingga ke akar-akarnya.
Pesan Rizieq Shihab ke Munarman Soal Tewasnya 6 Laskar FPI
Sekretaris Umum Front Pembela Islam Munarman, menyampaikan pesan Habib Muhammad Rizieq Shihab terkait tewasnya enam (6) laskar FPI ditembak polisi
Munarman Sebut Senpi Laskar FPI Fitnah, Polda: Bisa Dipidana
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus meminta Munarman untuk tidak menebar berita bohong soal senpi kepunyaan laskar FPI.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.