UNTUK INDONESIA
Cara Masak Jeroan Kambing Tak Berbau Saat Idul Adha
Ketika memasak jeroan kambing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar jeroan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap saat hendak dikonsumsi.
Ilustrasi Jeroan. (Foto: Pixabay/Platus)

Jakarta - Jeroan kambing menjadi salah satu bagian yang disukai sebagian orang untuk dimasak saat Idul Adha. Selain dagingnya, jeroan juga bisa diolah menjadi sajian lezat asalkan memperhatikan beberapa hal agar tidak timbul aroma bau yang mengganggu saat dikonsumsi.

Memang ada beberapa jeroan kambing yang bisa dikonsumsi lantaran cita rasanya yang khas, seperti hati, ginjal, usus atau iso, jantung, babat, dan lainnya. Namun, disarankan jangan berlebihan untuk mengonsumsi jeroan karena tidak terlalu bagus untuk kesehatan tubuh.

Berikut Tagar ulas mengenai cara memasak jeroan kambing agar tidak berbau saat Idul Adha.

1. Pilih Jeroan Segar

Sebaiknya hindari jeroan yang sudah dibekukan dan pilihlah yang masih segar agar kualitasnya baik. Namun cara tersebut bisa dilakukan saat membelinya di pasar, berbeda saat perayaan Idul Adha tentu jeroan yang didapatkan masih tergolong segar untuk dimasak.

2. Cuci Sampai Bersih

Tak sedikit jeroan menimbulkan aroma tak sedap lantaran mencucinya tidak bersih dan kotoran masih menempel. Jadi Anda disarankan untuk membersihkan jeroan dengan tepat, bisa dengan menggunakan sikat agar kotoran yang ada di bagian dalam benar-benar hilang. Selain itu, jangan lupa untuk memotongnya terlebih dahulu sebelum mencucinya dengan air mengalir.

3. Rendam dengan Kapur Sirih

Cobalah membilas atau merendam jeroan menggunakan kapur sirih agar bau yang tidak sedap bisa hilang. Caranya sangat mudah hanya dengan merendam jeroan kurang lebih selama 30 menit agar kulit bagian luar yang kotor menjadi lebih bersih.

4. Hindari Memasukkan Jeroan Saat Air Mendidih

Sebaiknya hindari memasukkan jeroan ke dalam air mendidih. Sebab, kondisi tersebut bisa menghilangkan rasanya dan membuat teksturnya menjadi alot.

Cobalah masukkan jeroan ketika air masih dalam kondisi yang dingin, lalu masak dengan api besar kurang lebih selama 10 menit hingga mendidih. Kemudian, angkat dan sisihkan sebentar sebelum masuk ke tahap pengolahan berikutnya.

5. Olah dengan Jahe dan Garam

Ketika merebus jeroan, sebaiknya dampingi dengan potongan jahe dan garam. Cara ini selain menghilangkan bau juga bermanfaat untuk memberikan rasa. 

Anda juga bisa menambahkan lengkuas dan daun salam ke dalam rebusan jeroan. Ini bertujuan agar aroma yang dihasilkan lebih kaya lagi dan tidak berbau. 

Ketika merebusnya, jangan lupa untuk memisahkan jeroan dengan bagiannya masing-masing. Sebab, tingkat kematangan dan lemak yang dikandung jeroan berbeda-beda, sehingga bagian jeroan tidak saling mengotori satu sama lain.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengolah jeroan agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap. Sehingga hidangan yang berbahan dasar jeroan bisa dinikmati bersama.

Baca Juga:

Berita terkait
Resep Menu Olahan Daging Sapi untuk Idul Adha
Hidangan yang terbuat dari daging sapi tentu identik dengan perayaan hari raya Idul Adha. Berikut resep olahan masakan berbahan daging sapi.
Resep Camilan Lezat Olahan Kacang Hijau
Selain diolah langsung, kacang hijau juga bisa dikreasikan sebagai isian camilan menggugah selera. Berikut resep camilan yang berisi kacang hijau.
Lima Olahan Kuliner Pedas Khas Jawa Timur
Jawa Timur menyimpan aneka kuliner pedas yang populer dan disukai berbagai kalangan. Berikut ini beberapa kuliner pedas khas Jawa Timur.
0
Cara Masak Jeroan Kambing Tak Berbau Saat Idul Adha
Ketika memasak jeroan kambing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar jeroan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap saat hendak dikonsumsi.