Dunia Bidik Vaksin Nusantara Sebagai Solusi Atasi Covid-19

Terawan Agus Putranto mengatakan vaksin nusantara telah disepakati dunia untuk menyelesaikan pandemi Covid-19.
Vaksin Covid-19. (Foto: Tagar/Parapuan)

Jakarta - Mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto mengatakan vaksin nusantara telah disepakati dunia untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 yang kian meluas. Ia turut bangga karena RSPAD Gatot Soebroto sebagai rumah sakit kepresidenan mampu menunjukkan jati diri dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Sekarang di seluruh dunia sedang membicarakannya, termasuk terakhir dari New York dan sebagainya, karena sudah terbit jurnal PubMed. Itu isinya adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau Vaksin Nusantara, the begining of the end cancer and Covid-19,” ujar Terawan dalam webinar internasional yang disiarkan kanal YouTube RSPAD Gatot Soebroto, dikutip Minggu, 18 Juli 2021.

“Artinya apa? Dunia sepakat punya hipotesis bahwa yang menyelesaikan hal ini termasuk Covid-19 adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau Vaksin Nusantara,” katanya.

Jurnal yang dimaksud Terawan yakni berjudul 'Dendritic Cell Vaccine Immunotherapy: the beginning of the end of cancer and COVID-19, A hypothesis'. Jurnal itu ditulis oleh sejumlah peneliti, salah satunya adalah Amal Kamal Abdel-Aziz dari Department of Experimental Oncology, European Institute of IRCCS, Milan, Italia. Terwan juga menekankan bahwa vaksin nusantara aman.


Artinya apa? Dunia sepakat punya hipotesis bahwa yang menyelesaikan hal ini termasuk Covid-19 adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau Vaksin Nusantara.


“Itu sangat safety karena kita sudah lama berkecimpung dalam pembuatan dendritic cell vaccine immunotherapy itu, dengan tim dokter Nyoto selaku moderator, bersama-sama dengan kita sudah mengembangkannya jauh-jauh hari untuk penanganan kanker,” kata Terawan.

“Kita hanya mengubah antigennya menjadi antigen artifisial atau antigen rekombinan Covid-19. Artinya apa? Artinya kita bisa menyesuaikan kapan saja. Mau mutasi kayak apa bisa kita sesuaikan. Dampaknya apa? Ketahanan kesehatan nasional menghadapi pandemi ini bisa kita atasi dengan membuat imunitas yang baik buat setiap warga negara,” katanya. []

Baca Juga: Terawan: Vaksin Nusantara Kalahkan Covid-19 Varian Delta

Berita terkait
Sufmi Dasco Dukung Vaksin Nusantara Uji Klinis Tahap III
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendukung vaksin Nusantara melanjutkan uji klinis tahap III agar menjadi solusi dalam penekanan kasus Covid-19.
Lebih Murah? Ini 4 Fakta Vaksin Nusantara Buatan Terawan
Berikut 4 fakta Vaksin Nusantara ala Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang diklaim berbiaya murah hingga punya kekebalan seumur hidup.
Benarkah Vaksin Nusantara ala Terawan Kebal Seumur Hidup
Vaksin Nusantara yang dikembangkan eks Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto diklaim berefek kekebalan seumur hidup terhadap Covid-19.
0
Dunia Bidik Vaksin Nusantara Sebagai Solusi Atasi Covid-19
Terawan Agus Putranto mengatakan vaksin nusantara telah disepakati dunia untuk menyelesaikan pandemi Covid-19.