Dulu Ramai, Bisnis Ini Sekarang Sudah Ditinggalkan

Jika menengok ke 10 atau 15 tahun ke belakang, beberapa bisnis ini sangat dibutuhkan masyarakat namun kini ditingkalkan.
Bisnis (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta – Dari zaman ke zaman ada bisnis yang dulunya ramai peminatnya namun justru sekarang sepi peminat atau bahkan bangkrut. Setiap bisnis pastinya mengalami era kejayaannya masing-masing, kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi pada bisnis di beberapa tahun kedepan.

Banyak bisnis yang sepi peminat seiring perkembangan teknologi. Jika menengok ke 10 atau 15 tahun ke belakang, beberapa bisnis ini sangat dibutuhkan masyarakat dan keuntungan yang diperoleh sangat menjanjikan. Inilah beberapa bisnis yang dulu bersinar namun kini hanya bisa menjadi kenangan.


Warung Telepon/Wartel

Bisnis wartel menawarkan jasa telekomunikasi untuk masyarakat yang ingin melakukan panggilan telepon. Rentang tahun 90an sampai awal 2000an, wartel mengalami masa-masa kejayaannya karena pasa masa itu banyak yang belum memiliki telpon dirumah. 

Kehadiran wartel pada masanya sangat mudah ditemui, bahkan saking tingginya peminat wartel, orang-orang rela antre untuk dapat melakukan panggilan telepon. Nasib wartel kini sudah tergantikan oleh smartphone.


Toko Kaset Musik

Jauh sebelum kemunculan YouTube, Spotify,Joox atau pemutar musik online lainnya. Bisnis toko kaset musiK di decade 90an sampai 2000an sangat menguntungkan. Biasanya dalam satu kaset terdapat puluhan lagu, saat menggunakannya harus membalik sisi A ke sisi B untuk mendengarkan seluruh lagu. 

Toko kaset ini mudah sekali ditemui pada masa kejayaannya, bagi penggemar musik keluaran terbaru, bisnis ini mendapatkan keuntungan yang besar. Kini toko kaset tidak mudah dijumpai keberadaannya, bagi sebagian orang, kaset kini justru dianggap sebagai benda antik dan dicari para kolektor.


Rental Kaset CD/DVD

Di tahun 90an sampai 2000an, sebelum keberadaan Netflix atau situs streaming film lain, bisnis rental kaset ini disukai para penggemar film bioskop dimasanya. Pada masa itu, untuk menyewa kaset CD/DVD asli masih terlampau mahal untuk sebagian orang. Melihat hal tersebut, peluang usaha rental CD/DVD mulai ditekuni orang-orang. 

Kaset yang dijajakan bervariasi, mulai dari yang asli sampai yang bajakan. Kini, keberadaan rental kaset CD/DVD sudah tidak ada lagi, jika ada mungkin jarang ada yang membeli.


Warung Internet/Warnet

Warnet merupakan bisnis penyedia layanan internet yang diakses melalui komputer. Keberadaan bisnis warnet begitu ramai pengguna di awal 2000an, karena dimasa itu untuk mengakses internet hanya bisa melalui warnet. 

Dimasa keemasannya warnet dapat dengan mudah dijumpai disetiap sudut kota. Warnet digunakan mahasiswa atau pelajar yang ingin mendapatkan informasi dari internet. Seiring perkembangan, warnet kini sepi pengunjung karena setiap orang bisa mengakses internet di smartphone.

Melihat bisnis-bisnis yang pernah mengalami era kejayaan, mengingatkan kita bahwa bisnis dapat hilang sendirinya karena perkembangan zaman dan juga teknologi yang semakin canggih. Sehingga perubahan tersebut mau tidak mau harus diterima.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Sebelum Membeli Asuransi Mobil yang Tepat
Jadi, tahu dari mana sih produk asuransi mobil yang bagus itu seperti apa? Karena itu, mari kita kupas perlahan mengenai asuransi mobil.
Optimis, Airlangga Proyeksikan Ekonomi Kuartal IV Bisa 6 %
Airlangga Hartarto menjelasakan tentang pertumbuhan ekonomi di kuartal IV telah memiliki gambaran dari sejumlah data yang menunjukkan penguatan.
Justin Bieber Buat Postingan Manis untuk Ultah Hailey ke-25
Justin Bieber menunjukkan cintanya pada sang istri Hailey Bieber di hari ulang tahun Hailey ke-25. Musisi itu merayakan ulang tahun ke-25 ladylove.
0
Ketua IOC Dikecam Terkait Video Call dengan Petenis China Peng Shuai
Human Rights Watch (HRW) mengecam sikap “memalukan” Ketua Komite Olimpiade Internasional dalam kasus petenis China, Peng Shuai