UNTUK INDONESIA
Duka Cita Syafii Maarif untuk BJ Habibie
Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, Pak Habibie insya Allah mendapatkan husnul khatimah di akhir hayatnya, tutur Syafii Maarif untuk BJ Habibie.
Mantan presiden BJ Habibie menunjukan foto dirinya bersama pesawat hasil karyanya N-250 \\'Gatotkaca\\' usai membuka pameran foto \\'Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri\\' di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Minggu, 24 Juli 2016. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Tokoh Muhammadiyah kharismatik Ahmad Syafii Maarif akrab disapa Buya Syafii menyampaikan duka cita atas wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie. 

"Kita semua berduka, seorang putra terbaik Indonesia telah wafat sekitar jam 18.03 hari ini. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Pak Habibie insya Allah mendapatkan husnul khatimah di akhir hayatnya, amin," tutur Buya Syafii dalam keterangan tertulis diterima Tagar, Rabu malam, 11 September 2019.

"Pernah suatu hari almarhum bercerita tentang Bu Ainun kepada saya: 'Bu Ainun pernah mengatakan bahwa Pak Habibie adalah manusia tersulit di muka bumi. Tetapi sekiranya saya mati dan sempat hidup kembali, saya akan mencari Habibie lagi'. Ungkapan ini dirasakan Habibie sangat dalam dan tidak bisa dilupakan. Selamat jalan Pak Habibie, kami semua menunggu giliran. Ahmad Syafii Maarif sekeluarga," lanjut Buya Syafii dalam keterangannya. 

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Pak Habibie insya Allah mendapatkan husnul khatimah di akhir hayatnya, amin.

Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2019.

Kabar meninggalnya Habibie, dijelaskan putra kedua Habibie, Thareq Kemal, yang menemani Habibie ketika menjalani perawatan.

"Sampai titik terakhir saya masih ada di situ tapi hari ini pada 11 September 2019, 18.05, Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, sudah meninggal," tutur Thareq.

Thareq menjelaskan Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di Cardiac Intensive Care Unit, Paviliun Kartika sejak 1 September 2019.

"Karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi, maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah," tuturnya.

Thareq tidak menyalahkan Tim Dokter Kepresidenan (TDK) atas meninggalnya Habibie. Karena, menurut dia TDK sudah melakukan yang terbaik.

"Tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya, terima kasih, mohon pengertian bahwa kami dalam keadaan berduka. Terima kasih, terima kasih banyak," ujarnya. []

Berita terkait
Permintaan BJ Habibie Ketika Ainun Meninggal
Ketika Hasri Ainun Besari meninggal, Habibie sebagai suami terpukul. Dalam duka, tokoh kedirgantaraan Tanah Air itu mengucapkan permintaan.
Rumah Duka BJ Habibie Mulai Dipadati Pelayat
Kediaman BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan sudah mulai dipadati para pelayat.
Megawati Mengenang BJ Habibie Berperan dalam Iptek
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menekankan Presiden ke-3 RI mendiang BJ Habibie merupakan tokoh perkembangan iptek di Indonesia.
0
Mesranya Ahok dan Puput Nastiti Devi di Hari Pernikahan
Beredar foto mesra Ahok dan Puput di hari pernikahan mereka di media sosial.