UNTUK INDONESIA
Duh, Pemain Dilarang Hubungan Intim di Liga Jerman
Bundesliga Jerman kembali digulirkan di tengah pandemi Covid-19. Peraturan yang harus dipatuhi sangat ketat, termasuk larangan hubungan intim.
Bundesliga Jerman kembali digulirkan di tengah pandemi Covid-19. Peraturan yang harus dipatuhi sangat ketat, termasuk larangan hubungan intim. Tampak pemain Bayern Munich Robert Lewandowski saat lawan Borussia Dortmund di Bundesliga (Foto: fcbayern.com)

Jakarta - Kompetisi Bundesliga Jerman akan kembali digulirkan. Namun pemain harus mengikuti secara ketat banyak peraturan. Termasuk dilarang berhubungan intim dengan pasangannya bila diduga terinfeksi Covid-19. Pemain juga menggunakan bus terpisah dalam perjalanan ke dan dari stadion. 

Bundesliga akan dilaksanakan pada 9 Mei 2020. Bila jadwal itu tak berubah, Bundesliga Jerman akan menjadi liga top pertama di Eropa yang digulirkan di tengah pandemi virus corona. 

Langkah Jerman juga akan diikuti Serie A Italia dan Liga Premier Inggris. Sedangkan La Liga Spanyol belum ada kepastian meski bakal menyelesaikan kompetisi. Begitu pula Ligue 1 Prancis belum ada persiapan kapan kompetisi dilaksanakan. 

Di laga pertama Bundesliga setelah digelar kembali langsung terjadi big match. Borussia Dortmund yang menduduki peringkat 2 menjamu RB Leipzig yang bertengger di posisi 3. 

Selama kompetisi, tim-tim menjalani peraturan yang sangat ketat. Tim pun sudah mendapat petunjuk pelaksanaan Bundeliga. 

Menurut The Sun, pemain, misalnya, dilarang berhubungan intim dengan pasangannya bila ada tanda-tanda positif virus corona. Ini untuk mencegah penularan ke pemain. Bahkan untuk sekadar berciuman pun sama sekali dilarang. Kebijakan ini tentu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemain karena tidak bisa dipantau kalau terkait kegiatan pribadi seseorang.

Selain itu, pemain dari tim tandang akan menggunakan beberapa bus dalam perjalanan menuju stadion. Begitu pula saat pulang ke hotel. Dengan demikian, ada jarak antarpemain. Bila tetap menggunakan satu bus, semua yang berada di dalam harus mengenakan masker. Sedangkan pemain dari tim tuan rumah disarankan menggunakan mobil pribadi, semua tanpa terkecuali. 

Saat memasuki stadion, semua kendaraan termasuk bus pemain akan disemprot disinfektan. Pemain juga akan menjalani pemeriksaan dan disemprot. 

Pertandingan Bundesliga Tanpa Penonton

Pertandingan itu sendiri tidak bleh dihadiri penonton. Mereka yang berada di stadion maksimal hanya 300 orang, ini sudah termasuk 4 petugas kepolisian, 10 jurnalis, ball boy dan petugas keamanan pertandingan.

Sedangkan foto tim dan jabat tangan sebelum pertandingan ditiadakan. Tidak ada maskot tim di dalam stadion. 

Saking ketatnya peraturan itu, pemain tim tandang yang berada di hotel tidak diizinkan memasuki tempat minum atau layanan hotel apa pun. Mereka diharuskan tetap tinggal di kamar. 

Tim-tim Bundesliga seperti Dortmund dan Bayern Munich sudah menjalani latihan lebih dulu. Selama latihan pemain tidak diizinkan makan di ruang makan klub. 

Namun pemain sudah memiliki kesadaran. Mereka membawa tempat minum sendiri dan tidak lagi berbagi minuman. Pemain juga membawa bekal makanan dari rumah. 

Saat ditemukan pemain yang terinfeksi, tim tidak serta-merta dikarantina. Hanya pemain yang dinyatakan positif yang kemudian menjalani karantina. Bila semua berjalan lancar, kompetisi tetap dijalankan sampai selesai. []

Berita terkait
Dortmund Vs Koln, Menang Besar, Haaland Cetak 2 Gol
Borussia Dortmund tampil gemilang saat menang telak 5-1 atas Koln di Bundesliga Jerman. Striker muda Erling Haaaland sukses borong 2 gol.
Bawa McLaren Saat Latihan, Pemain Bayern Didenda
Gelandang Bayern Munich Kingsley Coman terancam didenda klub gara-gara membawa McLaren ke tempat latihan dan bukan mobil sponsor, Audi.
Kalahkan Dortmund, Pelatih Bayern Dipertahankan
Bayern Munich membantai rival bebuyutan Borussia Dortmund dalam Der Klassiker. Kemenangan yang membuat pelatih Hansi Flick dijasikan pelatih tetap.
0
Es Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Khas Makassar
Salahs atu takjil yang paling laris dan paling diburu warga Makassar saat berbuka puasa adalah es pisang ijo