UNTUK INDONESIA
Dortmund Vs Koln, Menang Besar, Haaland Cetak 2 Gol
Borussia Dortmund tampil gemilang saat menang telak 5-1 atas Koln di Bundesliga Jerman. Striker muda Erling Haaaland sukses borong 2 gol.
Borussia Dortmund meraih kemenangan telak 5-1 atas Koln di pertandingan Bundesliga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu 25 Januari 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Dortmund merayakan gol di pertandingan itu. (Foto: bvb.de)

Jakarta - Borussia Dortmund tampil gemilang saat mencetak kemenangan telak 5-1 atas Koln di pertandingan Bundesliga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu 25 Januari 2020 dini hari WIB. Bintang muda Erling Haaland kembali menunjukkan ketajamannya dengan memborong dua gol bagi Dortmund. 

Hanya dalam dua pertandingan terakhir, Dortmund berpesta gol. Tercatat 10 gol digelontorkan ke gawang lawan. Dan, Haaland yang baru didatangkan dar RB Salzburg mencetak separuh dari gol itu. 

Ya, striker Norwegia yang masih berusia 19 ini sudah lima kali membobol gawang lawan. Performa ciamik yang diperlihatkan Haaland kian membuat Manchester United geregetan. 

Bahkan gol keempat yang dicetaknya memastikan kemenangan kami. Dia kemudian mencetak gol kelima. Ini tentu hal yang bagus

Bagaimana tidak, Man United sangat berharap bisa memboyong striker yang diprediksi bakal makin bersinar di tahun-tahun mendatang. Bahkan Haaland hampir dipastikan berkostum merah. Namun apa daya, Dortmund sukses merebut Haaland di saat-saat terakhir. 

Performa gemilang Haaland pun dipuji pelatih Lucien Favre. Bahkan gol pertama Haaland boleh dikatakan memastikan kemenangan Die Borussen

"Erling mencetak tiga gol saat melawan Augsburg dan mencetak dua lagi di laga kandang. Golnya sangat penting," kata Favre seperti dikutip laman klub. 

"Bahkan gol keempat yang dicetaknya memastikan kemenangan kami. Dia kemudian mencetak gol kelima. Ini tentu hal yang bagus," ucapnya. 

Kemenangan atas Koln menjadikan Dormund menggeser Borussia Moenchengladbach untuk menduduki peringkat ketiga dengan 36 poin. Sama dengan poin Bayern Munich yang bertengger di posisi kedua, namun mereka kalah selisih gol. Sedangkan pimpinan klasemen RB Leipzig mengantongi poin 40.

Sebaliknya, rekor gemilang Koln harus terhenti di kandang Dortmund. Koln meraih hasil mengesankan dengan mencatat kemenangan di empat laga terakhir sehingga bisa keluar dari zona degradasi. Kini, mereka tertahan di peringkat 13 dengan 20 poin.

Dortmund Membuat Koln Tak Berkutik

Di pertandingan itu, permainan menyerang Dortmund membuat Koln sama sekali tidak berkutik. Pertandingan baru berjalan satu menit, gawang tim tamu sudah kebobolan. 

Gol pembuka pesta kemenangan Dortmund dihasilkan Raphael Guerreiro. Dirinya menyelesaikan umpan dari Jadon Sancho. Gol yang meruntuhkan moral pemain Koln. Apalagi, upaya mereka untuk mengejar ketinggalan tak pernah membuahkan hasil. 

Bahkan Dortrmund berhasil menambah gol di menit 29. Kali ini, Marco Reus yang mencetak gol setelah menerima operan panjang dari Mats Hummels. Semula Reus dinyatakan offside, namun setelah ditinjau melalui VAR, dirinya dalam posisi onside saat menerima bola. Golnya pun disahkan. Skor 2-0 untuk Dortmund bertahan sampai akhir babak pertama. 

Saat babak kedua baru berjalan tiga menit, gawang tim tamu kembali kebobolan. Sancho sukses mengubah skor menjadi 3-0. 

Koln akhirnya bisa mencetak gol untuk memperkecil ketinggalannya. Gol dihasilkan Mark Uth di menit 64. Ini merupakan gol pertama pemain yang dipinjam dari Schalke.

Namun setelah gol itu, Dortmund makin agresif memperbesar keunggulan. Haaland mencetak gol pertamanya di pertandingan di menit 77. Dirinya menyelesaikan bola rebound dari kiper Timo Horn yang gagal mengamankan tendangan dari Guerreiro. 

Selanjutnya, Haaland mencetak gol kedua yang memantapkan keunggulan Dortmund di menit 87. Skor berubah menjadi 5-1 dan bertahan sampai akhir laga. 

Menurut Favre, timnya memang pantas memenangkan laga tersebut. Bahkan dia menilai Dortmund seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol. 

"Saya sangat puas. Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol. Pasalnya kami memiliki banyak peluang yang seharusnya bisa menjadi gol. Yang jelas, kami meraih tiga poin dan mereka pantas mendapatkannya," kata Favre. 

Sementara, Reus menuturkan bila tim sudah bisa meminimalkan kesalahan dibandingkan pertandingan sebelumnya. Mereka juga bermain kompak sehingga mampu meraih kemenangan besar. 

"Kami pantas menang dengan skor besar. Kami memang ingin bermain lebih kompak dan sedikit melakukan kesalahan dibandingkan saat menghadapi Augsburg," ujar Reus. []

Berita terkait
Erling Haaland Pilih Dortmund Ketimbang Man United
Striker RB Salzburg Erling Haaland menolak Manchester United dan memilih bergabung dengan Borussia Dortmund.
Dortmund Lolos 16 Besar dengan 10 Pemain
Borussia Dortmund mengalahkan Slavia Praha 2-1 dengan 10 pemain di Liga Champions, Rabu 11 Desember 2019 dini hari WIB. Dortmund pun ke 16 Besar.
Hakimi Bawa Dortmund Menang Dramatis Atas Inter
Borussia Dortmund secara dramatis menang 3-2 atas Inter Milan di Liga Champions. Bek Achraf Hakimi jadi bintang kemenangan Dortmund.
0
Polisi Gowa Tembak Pelaku Curas Spesialis Warung
Polres Gowa menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang selama ini beraksi di wilayah hukum Polres Gowa.