Dua Kali Kalah di Pilkada Binjai, Juliadi Wafat Sebelum Dilantik

Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi dikabarkan meninggal dunia. Dia meninggal sebelum dilantik.
Cawalkot Binjai Terpilih hasil Pilkada 2020, Juliadi. (Foto: Tagar/Facebook)

Medan - Sosok Juliadi diketahui pernah mengikuti kontestasi pemilihan Wali Kota Binjai tahun 2010 dan 2015, namun belum mampu meraup suara tertinggi diantara kandidat lainnya.

Setelah keikutsertaannya untuk yang ketiga kalinya yakni Pilkada Binjai 2020, Juliadi bersama pasangannya Amir Hamzah mampu meraih suara terbanyak dan keluar sebagai pemenang pilkada.

Semoga almarhum Pak Juliadi Husnul Hotimah. Aamiin ya Rabbana.

Namun sebelum dilantik sebagai Wali Kota Binjai yang dijadwalkan pada 17 Februari 2021, takdir berkehendak lain karena Juliadi wafat diduga akibat terpapar Covid-19.

Baca juga: Wali Kota Binjai Terpilih Dikabarkan Wafat Karena Covid-19

Dua pilkada yang diikuti di tahun 2010 dan 2015, Juliadi harus mengakui keunggulan kompetitornya Idaham yang memimpin di dua periode itu.

Di pilkada 2020, Juliadi kembali ikut berkompetisi dan menjadi penantang Lisa Andriani yang merupakan istri dari Idaham, Wali Kota Binjai dua periode.

Meski kalah di dua pilkada, tekad Juliadi membangun daerahnya, dengan menjadi wali kota tak berkurang. Dan itu ia buktikan di pilkada 2020. Bersama Amir Hamzah, Juliadi berhasil mencapai target kemenangan, dengan raihan 66.623 suara atau sebesar 50,89 persen dari total 130.915 suara sah.

Di Pilkada Kota Binjai, pasangan Juliadi- Amir Hamzah diusung oleh tiga partai yaitu Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Demokrat.

Pasangan ini unggul diantara dua calon lainnya yaitu pasangan Rahmat Sorialam-Usman Jakfar dan pasangan Lisa Andriani-Sapta Bangun.

Namun, pada Selasa, 9 Februari 2021 sekitar pukul 22.44 WIB, Juliadi meninggal di Rumah Sakit Bunda Thamrin Medan, setelah sempat menjalani isolasi karena Covid-19 selama 11 hari.

Juliadi dikabarkan akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Baca juga: Wali Kota Binjai Terpilih Wafat, Demokrat Ikut Berduka

Ungkapan duka terus mengiringi kepergian Juliadi. Seperti Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto.

"Semoga almarhum Pak Juliadi Husnul Hotimah. Aamiin ya Rabbana," tulis Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut itu dalam status WA nya.

Hal serupa juga dituliskan akun Facebook politisi Hanura, Leriadi Napol. Dalam unggahannya, Leriadi mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya wali kota terpilih yang berpasangan dengan Amir Hamzah itu.

"Al-fatihah buat almarhum Juliadi, Wali Kota Binjai terpilih," tulis Leriadi. [] 

Berita terkait
Bawa 10 Kg Sabu, Warga Deli Serdang Ditangkap di Binjai
Ditangkap personel Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Binjai di Jalan Megawati, dekat gerbang tol Binjai-Medan.
Tumbangnya Istri Wali Kota Binjai di Pilkada 2020
Lisa Andriani Lubis dan Sapta Bangun tumbang dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai 2020.
Polres Labuhanbatu Tembak Mati 2 Kurir 15 Kg Sabu di Binjai
POlres Labuhanbatu menembak mati dua kurir sabu di Binjai. Mereka melawan hingga melukai polisi. Sabu 15 Kg berhasil disita.
0
Pemkot Lhokseumawe Segera Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19
Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, dalam bulan Juni 2021 ini akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal