UNTUK INDONESIA
Dua Figur Muda Dijagokan Pimpin Demokrat Jatim
Keduanya adalah Emil Elistianto Dardak dan Bayu Airlangga.
Wagub Jatim Emil Dardak saat menghadiri dialog interaktif percepatan pelayanan berusaha dalam mendorong kinerja ekspor ekonomi Jatim di Garden Palace, Surabaya, baru-baru ini. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Ada dua sosok muda dinilai layak memimpin Partai Demokrat Jawa Timur (Timur) ke depan. Partai ini akan menggelar musyawarah daerah (musda) pada awal tahun depan.

Keduanya, Emil Elistianto Dardak yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim dan Bayu Airlangga, caleg terpilih di DPRD Jatim periode 2019-2024.

Keduanya diyakini mampu membawa perubahan bagi Partai Demokrat Jatim menggantikan posisi yang akan ditinggalkan Soekarwo.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim saat ini, Soekarwo hampir pasti tidak akan maju karena sudah menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia, selain sudah dua kali menjabat ketua.

Kader Muda Demokrat, Dedy Irwansyah menyebut Partai Demokrat Jatim butuh sosok muda potensial. Maka Emil sangat layak, karena memiliki kapasitas.

"Sosok Emil Dardak memiliki kapasitas yang cukup untuk membawa perubahan di tubuh partai ke depan, apalagi dia seorang Wakil Gubernur Jatim," ujar Dedy, Minggu 11 Agustus 2019.

Sedangkan Bayu Airlangga juga dinilai layak. Bayu merupakan menantu Soekarwo. Dia saat ini menjabat Ketua Muda-Mudi Demokrat dan juga anggota DPRD Jatim terpilih 2019-2024.

"Jika dukungan pengurus di daerah terhadap Emil kurang kuat, maka sosok alternatif adalah Bayu Airlangga," kata Dedy.

Dedy mengungkapkan, Demokrat di Jatim membutuhkan figur kuat. Apalagi Pemilu Legislatif 2019, perolehan suara di Jatim tidak begitu signifikan sehingga figur baru nantinya bisa mengangkat citra parpol besutan SBY tersebut.

"Mas Bayu dengan posisinya sekarang sebagai Ketua Muda-Mudi Demokrat dan pengurus DPD Demokrat Jatim, punya jaringan di internal yang cukup luas," pungkasnya. []

Berita terkait
Emil Dardak Berpeluang Gantikan Pakde Karwo
Saat ini Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo menjadi komisaris utama PT Semen Indonesia.
Wagub Jawa Timur Emil Dardak Calon Menteri Jokowi
Emil Dardak disebut masuk bursa menteri Jokowi, Pengamat sebut Wagub Jawa Timur itu sudah punya modal kepemimpinan
0
Kenapa Adian Napitupulu Tidak Mau Jadi Menteri?
Kenapa Adian Napitupulu tidak mau jadi menteri? Ini pasti pertanyaan yang ada dalam pikiran banyak orang. Tulisan opini Denny Siregar.