UNTUK INDONESIA
Dua Bangunan Cagar Budaya Kota Jogja Direvitalisasi
Dua bangunan sekolah di Kota Yogyakarta yang termasuk bangunan cagar budaya akan direvitalisasi. Proyek ini untuk mengembalikan bentuk asli.
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kamis, 3 September 2020. (Foto: Tagar/Rahmat Jiwandono)

Yogyakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berencana untuk merevitalisasi dua bangunan cagar budaya di wilayahnya. Keduanya akan dikembalikan ke bentuk aslinya seperti saat dibangun dulu.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, dua bangunan yang akan direvitalisasi adalah SMAN 3 Yogyakarta dan SMA Stella Duce. Kedua sekolah ini terletak di Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. "Dua bangunan ini kan bagian dari kawasan cagar budaya Kotabaru," ujar Haryadi saat ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan, Kamis, 3 September 2020.

Menurut dia, revitalisasi dilakukan untuk mengembalikan bentuk bangunan cagar budaya sesuai aslinya. Namun revitalisasi tidak akan membongkar semua bentuk bangunan. Untuk SMAN 3 Yogyakarta yang akan direvitalisasi ialah sisi barat sekolah. "Yang dibangun dekat lapangan SMAN 3 Yogyakarta. Bagian depan tidak akan ada perubahan," katanya.

Anggaran revitalisasi SMAN 3 Yogyakarta mencapai Rp 15 miliar. Sedangkan SMA Stella Duce masih dihitung.

Biaya revitalisasi dua sekolah itu dilakukan secara swadaya. SMAN 3 Yogyakarta akan didanai keluarga besar alumni (KBA) Padmanaba. Sementara SMA Stella Duce akan dibiayai oleh pemilik yayasan. "Anggaran revitalisasi SMAN 3 Yogyakarta mencapai Rp 15 miliar. Sedangkan SMA Stella Duce masih dihitung," ujarnya.

Pemkot Yogyakarta pun telah bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan ditargetkan untuk meletakkan batu pertama revitalisasi pada 19 September 2020 mendatang. Revitalisasi ditargetkan bisa selesai dalam waktu 1 sampai 1,5 tahun.

Dia mengungkapkan, Sri Sultan HB X berpesan agar revitalisasi cagar budaya di dua sekolah itu bisa meningkatkan kualitas belajar. Pasalnya, di SMAN 3 Yogyakarta akan segera punya laboratorium baru, ruang teknologi dan informasi, serta ruang pertemuan. "Kira-kira itu bangunan tambahan yang akan dibangun," kata dia.

Haryadi menjamin selama masa revitalisasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di dua sekolah itu tidak akan terganggu. Selain itu, ia juga ingin memastikan jika anggaran revitalisasi sudah siap. "Sehingga pembangunannya tidak berhenti di tengah jalan," ungkapnya. []

Berita terkait
Sebelas Bangunan di Yogyakarta Jadi Cagar Budaya
Seluruh bangunan dan struktur bangunan yang diajukan tersebut merupakan hasil kajian dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) terhadap bangunan kunodi kawasan cagar budaya
Ahli Cagar Budaya di Jabar Harus Punya Sertifikat
Kadis Pariwisata dan Budaya Provinsi Jabar, Dedi Taufik, menekankan ahli cagar budaya harus memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat
Situs Sisingamangaraja di Humbahas Sebagai Cagar Budaya
Puluhan warisan cagar budaya tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Humbahas. Pada umumnya merupakan warisan Raja Sisingamangaraja I-XII.
0
Istri Cawalkot Medan Akhyar Nasution Bagi-bagi APK di Masjid
Kehadiran Nurul Khairani tanpa diundang. Di tempat ibadah itu, dia membagikan alat peraga kampanye suaminya, Akhyar Nasution.