UNTUK INDONESIA

DPRD Tegaskan Tak Ada Dana Rp20 M untuk RS Ciawi

DPRD Bogor menyatakan tidak ada dana bagi RSUD Ciawi untuk penanganan Covid-19 apalagi digunakan untuk pembelian peralatan jantung Cath Lab.
Ilustrasi vaksin virus corona. (Foto: Shutterstock)

Bogor- Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Ruhiyat Sujana menyatakan sampai saat ini tidak ada anggaran yang mengalir ke RSUD Ciawi untuk Covid-19, apalagi dalam kaitan dengan pembelian peralatan jantung Cath Lab. “Semua anggaran APBD 2020 dan APBD Perubahan tidak ada anggaran itu. Semua anggaran penanganan Covid-19, terpusat di Dinas Kesehatan dan pos anggaran BTT,” kata pria yang bertanggung jawab pada bidang kesehatan ini. BTT merupakan akronim Belanja Tidak Terduga.

Ruhiyat juga membeberkan bahwa pada penandatanganan nota kesepakatan kebijakan umum anggaran, serta perubahan prioritas, dan plafon anggaran sementara (KUA - PPAS) tahun anggaran 2012, anggaran untuk hal tersebut tidak ada.

Sebelumnya dari informasi yang diterima Tagar, seorang sumber menyebut RSUD Ciawi akan membeli peralatan jantung (Cath Lab) dengan dana yang telah disetujui Pemerintah Bogor. Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang terbanyak dalam hal menyerap dana BPJS. RSUD Ciawi sendiri telah memiliki fasilitas Cath Lab dan sejauh ini kondisinya sangat baik dan masih bisa menangani pasien jantung warga Bogor. “Dana itu sangat tidak tepat jika digunakan membeli Cath Lab,” kata sumber yang dekat dengan kalangan medis itu.

Ruhiyat Sujana menjelaskan pihaknya, DPRD Bogor, kemarin juga menggelar sidang paripurna dengan pihak eksekutif dan DPRD tidak menemukan anggaran pembelian Cath Lab atau penanganan Covid-19 untuk RSUD Ciawi. “Pada 2021, anggaran penanganan Covid-19 akan kita pusatkan di Pos BTT sebesar Rp50 miliar," ujarnya.

Dihubungi Tagar, Humas RSUD Ciawi Heri Juhaeri menyatakan pihak RSU Ciawi sampai saat ini tidak ada rencana untuk pengadaaan Cath Lab. Ia juga menyebut pihaknya hingga kini juga belum mendengar akan ada bantuan Rp20 miliar untuk RSUD Ciawi.  (Faisal)

Berita terkait
Lokasi Pelayanan SIM Keliling Polres Bogor 20 November
SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan C. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru harus dilakukan di Kantor Satpas terdekat.
Dokter Tirta Minta KPK Audit Anggaran Tim Komunikasi Publik Satgas Covid
Tirta Mandira Hudhi akrab disapa dr Tirta meminta KPK mengaudit dugaan korupsi dalam tim komunikasi publik Satgas Covid-19. Ada yang siap bersaksi.
Satgas Covid-19: Efek Samping Minor, Tidak Semua Dapat Divaksin
Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan tidak semua orang dapat divaksin, dan ada efek samping minor.
0
DPRD Tegaskan Tak Ada Dana Rp20 M untuk RS Ciawi
DPRD Bogor menyatakan tidak ada dana bagi RSUD Ciawi untuk penanganan Covid-19 apalagi digunakan untuk pembelian peralatan jantung Cath Lab.