DPR Belum Terima Surpres Jokowi Soal Calon Kapolri

Pimpinan DPR RI belum menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat sambutan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 31 Desember 2020. (Foto: Tagar/ Channel Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Jenderal Polisi Idham Azis bakal pensiun dari jabatannya sebagai Kepala kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pada Januari 2021.

Namun, hingga kini, menjelang Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun sidang 2020-2021, pimpinan DPR RI belum menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait calon pengganti Idham Azis.

Dan apabila surat tersebut sudah sampai, kami akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan sebelum melaksanakan rapat paripurna berlangsung.

"Sampai hari ini DPR belum menerima surat dari presiden mengenai calon kapolri," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.

Dia menegaskan, saat ini DPR hanya bersifat menunggu surpres dari Presiden Jokowi terkait pemimpin baru di Korps Bhayangkara.

"Tentunya kami dalam posisi menunggu saja. Dan apabila surat tersebut sudah sampai, kami akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku," ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, Presiden Jokowi sudah dapat memperkirakan kapan harus menyerahkan surpres ke DPR terkait suksesor Idham Azis.

"Sampai saat ini kita belum menerima info. Tapi tentunya presiden akan menghitung mengenai persyaratan. Surat akan masuk sebelum batas waktu dari Kapolri yang sekarang pensiun. Itu ada aturannya berapa hari," tuturnya.

"Tentunya surat tersebut akan datang sebelum masa batas jatuh temponya. Mari kita tunggu saja," ucap Dasco menambahkan.[] 

Berita terkait
Daftar Harta Kekayaan 5 Calon Kapolri
Berikut ini daftar kekayaan dari kelima calon Kapolri pengganti Idham Azis yang telah diusulkan Kompolnas kepada Jokowi.
Pernah Jadi Ajudan Jokowi, Listyo Sigit Cocok Jadi Kapolri
Listyo Sigit Prabowo dinilai cocok menduduki pucuk pimpinan korps Bhayangkara dikarenakan dekat dengan Presiden Joko Widodo.
Ajukan 5 Nama Calon Kapolri, Mahfud MD: Semua Jenderal Bintang 3
Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, lima orang calon Kapolri semuanya jenderal bintang tiga.
0
Bentuk Satgas BLBI, Mahfud MD: Mereka Tak Bisa Sembunyi Lagi
Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, Satgas akan memburu para obligor dan debitur BLBI sehingga mereka tidak bisa kabur lagi.