UNTUK INDONESIA

Daftar Harta Kekayaan 5 Calon Kapolri

Berikut ini daftar kekayaan dari kelima calon Kapolri pengganti Idham Azis yang telah diusulkan Kompolnas kepada Jokowi.
Saat sertijab Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian kepada Jenderal Polisi Idham Azis pada Rabu, 6 November 2019. (Foto: Tagar/IG)

Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengusulkan lima nama untuk dijadikan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Lima nama tersebut diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis, 7 Januari 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud Md melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd pada Jumat, 8 Januari 2021.

Kelima calon tersebut, yaitu Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono (Wakapolri), Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim Polri), Komjen Arief Sulistyanto (Kalemdiklat Polri), Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam Polri) dan Komjen Boy Rafli Amar (Kepala BNPT).

Berikut ini daftar kekayaan dari kelima calon Kapolri tersebut:

Kabareskim Komjen Arief SulistyantoKabareskim Komjen Arief Sulistyanto. (Foto: ngopibareng.id)

Komjen Arief Sulistyanto

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Arief memiliki total kekayaan sebanyak Rp14,431 miliar. Tercatat dirinya memiliki tanah dan bangunan senilai Rp7,036 miliar yang berada di daerah Jakarta Timur, Bekasi, Cianjur, Karanganyar, Batam, Jakarta Selatan, dan Pekanbaru.

Aset tanah dan bangunan yang berada di Jakarta Timur senilai Rp1,6 miliar, yang berada di Jakarta selatan senilai Rp1 miliar, sedangkan yang berada di daerah Bekasi senilai Rp1,27 miliar.

Dirinya juga memiliki empat unit mobi, yakni Toyota Kijang Innova tahun 2011, Toyota Alphard tahun 2009, Toyota Avanza tahun 2009, dan Honda HR-V RU1 1.5 E tahun 2016. Total semua mobil miliknya, yaitu sebanyak Rp1,27 miliar. Arief tercatat juga mempunyai harta bergerak lainnya sebanyak Rp2,256 miliar serta kas dan setara kas senilai Rp3,86 miliar.

Baca juga: Ajukan 5 Nama Calon Kapolri, Mahfud MD: Semua Jenderal Bintang 3

Komjen Gatot Eddy PramonoWakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono. (Foto: Wikipedia)

Komjen Gatot Eddy Pramono

Berdasarkan LHKPN pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, 28 Juni 1965 ini memiliki total harta kekayaan sebanyak Rp10,78 miliar. Ia tercatat memiliki tanah dan bangunan di daerah Jakarta Barat, Bogor, Tanggerang, dan Sukabumi senilai Rp7,24 miliar.

Dirinya juga memiliki aset tak bergerak, yaitu tanah seluas 5.185 m2 di Tanggerang dengan nilai harga Rp1,555 miliar. Gatot juga mempunyai dua unit tanah dan bangunan di Jakarta Barat, masing-masing aset memiliki harga Rp1,23 miliar dan Rp1,71 miliar.

Gatot juga mempunyai mobil Suzuki Jimny tahun 2019, Mini Cooper tahun 2011, dan dua Toyota Land Cruiser tahun 2013 dan 2014. Total harga semua mobil milik Gatot tersebut, yaitu Rp1,968 miliar. Ia juga memiliki kas dan setara kas dengan nilai Rp1,56 miliar.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit PrabowoKabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk menindaklanjuti penyebar hoaks terkait Covid-19. (Foto: Antara/Asep Fathulrahman).

Komjen Listyo Sigit Prabowo

Berdasarkan LHKPN mantan ajudan Presiden Jokowi ini memiliki total kekayaan sebanyak Rp8,314 miliar. Ia memiliki tanah dan bangunan di Semarang dengan nilai Rp1,65 miliar dan bangunan di Tanggerang senilai Rp1 miliar, serta tanah dan bangunan di Jakarta Timur senilai Rp3,5 miliar. Total aset tanah dan bangunan miliknya, yakni sebesar Rp6,15 miliar.

Ia juga mempunyai kendaraan, yaitu satu unit mobil Toyota Fortuner tahun 2018 dengan nilai Rp320 juta, dan harta yang bergerak lainnya sebanyak Rp975 juta. Ia juga mempunyai kas dan setara kas dengan nilai Rp869,73 juta.

Baca juga: Profil Listyo Sigit Prabowo, Calon Kapolri Usulan Kompolnas

Irjen Pol Boy Rafli AmarKepala BNPT, Irjen Pol Boy Rafli Amar. (Foto: Instagram/@boyrafliamar)

Komjen Boy Rafli Amar

Berdasarkan LHKPN Boy memiliki harta kekayaan sebanyak Rp6,451 miliar. Hartanya tersebut terdiri dari aset tanah dan bangunan yang dimilikinya senilai Rp4,901 miliar. Ia mempunyai tanah dan bangunan yang berada di daerah Jakarta Selatan dan Lebak, Banten. Bangunan di Jakarta Selatan memiliki nilai aset sebesar Rp3,75 miliar.

Dirinya juga mempunyai tiga unit mobil, yaitu Toyota Fortuner tahun 2011, Toyota Innova tahun 2019, dan Mitsubishi Pajero Sport tahun 2019. Seluruh kendaraannya tersebut memiliki total senilai Rp692,9 juta. Lalu, ia juga memiliki harta bergerak dengan nilai Rp760 juta, kas dan setara kas sebanyak Rp241,18 juta dan utang sebanyak Rp144,05 juta.

Agus AndriantoKabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto. (Foto: Tagar/Instagram @agusandrianto.id)

Komjen Agus Andrianto

Berdasarkan LHKPN, Agus memiliki harta kekayaan sebanyak Rp1,73 miliar, data tersebut tercatat pada November 2016 lalu. Ia mempunyai aset tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Timur dan Musi Banyuasin dengan total senilai Rp864,4 juta.

Ia juga memiliki kendaraan berupa mobil Toyota Vios tahun 2003, Nissan Grand Liina tahun 2012, dan Mitsubishi Pajero Sport tahun 2015. Ketiganya seharga Rp470 juta. Agus juga mempunyai harta logam mulia senilai Rp38 juta serta giro dan setara kas senilai Rp361 juta. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Pernah Jadi Ajudan Jokowi, Listyo Sigit Cocok Jadi Kapolri
Listyo Sigit Prabowo dinilai cocok menduduki pucuk pimpinan korps Bhayangkara dikarenakan dekat dengan Presiden Joko Widodo.
Respons Soal Kompolnas Pertimbangkan Dugaan Gratifikasi Komjen Agus
Stanislaus Riyanta merespons pernyataan Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim yang menyebut akan pertimbangkan dugaan gratifikasi Agus Andrianto.
Isu Kapolri, Kompolnas Pertimbangkan Dugaan Gratifikasi Agus Andrianto
Kompolnas menegaskan akan menjadikan laporan dugaan gratifikasi Komjen Agus Andrianto di KPK sebagai bahan pertimbangan.
0
Daftar Harta Kekayaan 5 Calon Kapolri
Berikut ini daftar kekayaan dari kelima calon Kapolri pengganti Idham Azis yang telah diusulkan Kompolnas kepada Jokowi.