Dokter Saran Tinggalkan Olahraga Beregu saat Pandemi

Olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar dan imunitas menjadi naik. Saat pandemi, dokter sarankan tinggalkan olahraga beregu.
Menteri Perhubungan bersama rombongan pada Sosialisasi Pesepeda di Jalan dan Gerakan Peduli Kesehatan 3M di Tangerang, Banten, Minggu, 4 Oktober 2020. (Foto:Tagar/dephub.go.id)

Jakarta - Olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar dan imunitas menjadi lebih baik. Selain asupan sehat, olahraga dapat mencegah terpapar virus corona. Namun, sebaiknya hindari olahraga beregu.

Praktisi olahraga sekaligus pengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dr Arie Sutopo, SpKO mengatakan tidak semua olahraga ideal di masa pandemi ini.

"Sebaiknya masyarakat melakukan [olahraga] jangan yang beregu dulu. Jogging, cycling, swimming itu bagus, jangan dulu yang kumpul," kata Arie dalam talkshow virtual bertajuk "Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi", dikutip dari YouTube BNPB.

 Karena itulah kita anjurkan bersepeda jarak 10 meter.

Menurutnya, risiko dapat timbul bila masyarakat menjalani olahraga yang sifatnya beregu seperti basket, sepakbola, futsal, dan voli. Musababnya jenis olahraga itu membutuhkan kontak fisik sehingga pemainnya rentan terhadap paparan virus corona.

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah bersepeda. Namun dengan catatan, kata Arie, sesama pengendara menjaga jarak sejauh 10 meter. Hal itu dimaksudkn agar risiko droplet dari orang-orang yang terpapar virus corona terbawa angin ketika bersepeda.

"Kalau biasa percikan droplet sekitar 2 meter, lalu jatuh di tanah atau benda sekitar. Tapi bersepeda kan ada kecepatan, droplet-nya bisa terbawa jauh. Karena itulah kita anjurkan bersepeda jarak 10 meter," kata Arie.

Dalam kesempatan itu Arie menegaskan, olahraga sangat baik untuk tubuh di saat pandemi. Ketika berolahraga sel darah putih naik sehingga kekebalan tubuh ikut melonjak. "Jadi begitu Covid datang langsung dihantam sama si sel darah putih," ujar Arie.

Ia juga mengimbau agar setelah melakukan olahraga langsung mencuci tangan karena selain lewat droplet risiko terinfeksi virus corona bisa melalui tangan yang terpapar menyentuh mata atau mengorek hidung.

Berita terkait
Erick Thohir Jual Obat Avigan Rp 20 Ribu, Apa Manfaatnya?
Manfaat lengkap obat Avigan yang akan dijual Menteri BUMN Erick Thorir seharga Rp 20 ribu.
Musim Hujan Tiba, Ragam Cara Bentengi Diri dari Virus Corona
Perubahan suhu cepat akibat hujan dapat membuat imunitas terganggu sementara di satu sisi Anda harus membentengi diri saat pandemi corona.
Menulis dengan Tangan Tingkatkan Daya Ingat Cegah Pikun
Rajin menulis menggunakan tangan meningkatkan daya ingat sehingga terhindar dari penyakit pikun.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional